AMUNTAI – Dengan dilantiknya dua orang Hakim di Pengadilan Negeri Amuntai  Kabupaten Hulu Sungai (HSU) Selasa (24/01) lalu, diharapkan Kinerja Hakim dapat lebih mantap.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Amuntai Paluko Hutagalung SH MA usai pelantikan kepada Metro7 mengatakan, Hakim baru tersebut nantinya dapat lebih membantu dalam memutuskan setiap perkara yang terjadi di wilayah hukum HSU dan Balangan.
“Saat ini, Pengadilan Negeri Amuntai memang kekurangan tenaga Hakim, sedangkan perkara yang ditangani mencakup dua kabupaten, yaitu HSU dan Balangan,” jelasnya.
Kedua hakim yang baru dilantik tersebut adalah Indra Kusuma Haryanto SH MH dan Eko Arif Wibowo SH.
Paluko berharap kedua hakim yang baru ini dapat secepatnya berorientasi dengan ligkungan kantor dan  juga masyarakat Amuntai.
“Mudah-mudahan Pengadilan Tinggi Banjarmasin mau memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti pelatihan penunjang karir mereka sebagai Hakim,” ujarnya.
Sebelumnya di Amuntai terdapat tujuh orang Hakim termasuk Paluko. Dengan dilantiknya dua Hakim baru, maka jumlah anggota hakim PN Amuntai bertambah menjadi Sembilan orang.
Paluko meminta agar Hakim-hakim yang ada di PN Amuntai Istiqomah dan dapat bekerja secara professional. “Dengan demikian, citra hakim akan selalu baik di mata masyarakat,” tambahnya.
Sementara itu, Indra Kusuma Haryanto  yang baru saja dilantik berjanii akan berusaha sebaik-baiknya dalam menjalankan tugas sebagai Hakim.
“Saya akan bekerja semaksimal mungkin, agar setiap putusan pada setiap kasus benar-benar adil dan dapat diterima oleh kedua belah pihak,” tegasnya
Indra menandaskan bahwa dirinya akan berpedoman pada perundang-undangan yang berlaku, dan sebagai seorang Hakim targetnya adalah dapat menyelesaikan sebuah kasus dengan putusan yang seadil-adilnya. Metro7/Ayie