Bupati Balangan Sefek Efffendie atas nama Pemerintah Daerah melakukan peresmian bangunan Gedung PDAM dan Jembatan Tambuan baru-baru ini.
Menurut Sefek, kehadiran PDAM dan Jembatan Tambuan di lokasi yang baru, merupakan suatu perubahan yang sangat berarti bagi masyarakat Haur Batu dan Halong.

“Dengan ditempatkannya kantor PDAM yang baru ini, kami mengharapkan sekaligus mengajak masyarakat, untuk bersama-sama menciptakan dan saling membantu antara PDAM dan pelanggan, demi terciptanya kenyamanan dan kemudahan pelayanan. Begitu pun dengan adanya Jembatan Tambuan, kami mengharapkan agar masyarakat dapat memelihara dan menggunakan jembatan itu sesuai dengan fungsinya untuk memperlancar masyarakat dalam beraktifitas,” harapnya.
PDAM Kabupaten Balangan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Balangan No 15 Tahun 2007 yang berperan mengelola air bersih yang memenuhi standar kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Balangan.
“PDAM Kabupaten Balangan awalnya merupakan pemekaran dari PDAM Hulu Sungai Utara,” jelasnya.
Adapun wilayah pelayanan PDAM Kabupaten Balangan, yakni Kecamatan Paringin, Kecamatan Paringin Selatan, Kecamatan Lampihong, Kecamatan Batu Mandi, Kecamatan Awayan, Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong.
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Edy Haryanto, dana yang dikeluarkan untuk pembangunan PDAM sekitar Rp 3.497.569.000,- yang dilaksanakan oleh PT Aneka Cipta Sarana Manunggal. Fasilitas yang digunakan meliputi 1 buah Ruang Direktur, 2 buah Ruang Kepala Bagian, 7 buah Ruang Kepala Seksi dan Staf, 1 buah Ruang Rapat, 1 buah Ruang Pengawas Intern, 1 buah Ruang KAs dan Penagihan, 1 buah Ruang Pengaduan Pelanggan, 1 buah Ruang Tunggu Pelanggan, 1 buah Ruang Dharma Wanita, 1 buah Mushalla, 1 buah Gedung Pipa dan Aksesoris SR.
Dalam kesempatan itu juga, Kepala Dinas PU Edy melaporkan bahwa dana atau anggaran pembangunan jembatan dan Jalan Tambuan adalah sekitar Rp. 7.959.611.000,- dengan rangka kelas B benteng 60 meter, yang dilaksanakan oleh PT Bakrie Metal Industri Jakarta, PT Matra Estetika Rekayasa serta PT Sektagubah Sarana.
“Dengan disaksikan oleh semua yang hadir seraya mengucapkan bismillahhirahmanhirahim, pada hari ini peresmian kantor PDAM sekaligus peresmian Jembatan Tambuan saya nyatakan dibuka”, ucap Sefek Effendie. Metro7/Sri