AMUNTAI – “Kami mengharapkan Pilkada Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) nanti benar-benar demokratis, jujur, adil, aman dan tenteram,” demikian ucapan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seima Jaya A Junaidi SH kepada Metro7, Rabu (18/01) lalu.  Pihaknya akan membentuk tim pemantau yang bertugas untuk mengawasi jalannya Pilkada nanti.

“Dengan adanya tim ini, segala bentuk kecurangan dan pelanggaran saat Pilkada minimal dapat berkurang atau kalau bisa tidak ada kecurangan dan pelanggaran dalam pelaksanaannya,” jelas pria yang akrab disapa Bang Ateng ini.
Hal tersebut lanjutnya sudah diatur dalam undang-undang RI nomor 32 tahun 2004 tentang Pemilihan Umum, mengenai Kecurangan dan Pelanggaran yang ada di dalamnya.
Bang Ateng juga menegaskan bahwa siapa pun yang melakukan kecurangan atau pelanggaran, pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindak dan melaporkan kepada yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Pilkada.
“Tim ini bersifat independent. Beranggotakan orang-orang yang mempunyai kredibilitas dan integritas tinggi, yang berasal dari kalangan tokoh masyarakat, mahasiswa, Ormas, Purnawirawan dan Tokoh LSM,” imbuh Junaidi.
Tim Pengawas ini nantinya akan membuat semacam himbauan yang isinya berupa peringatan kepada Pelaksana Pilkada akan beberapa hal kerap dilanggar oleh Pelaksana, Peserta dan masyarakat. Di antaranya adalah Calon Bupati dan Wakil Bupati agar tidak menggunakan fasilitas negara, melibatkan pejabat pemerintah, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kepala Desa dan Aparat Desa dalam kegiatan Politik.
Calon Bupati dan Wakil serta tim pemenangannya juga dihimbau agar tidak memberikan uang, membagikan barang atau menjanjikan sesuatu.
Masyarakat turut dihimbau agar jangan menggunakan hak suara lebih dari satu dan Petugas pilkada pun diharapkan untuk tidak merubah hasil pemungutan suara, berita acara maupun sertifikasi hasil pemungutan suara.
Bang Ateng menandaskan, tim pengawas pemilu swadaya itu sudah akan terbentuk paling lambat akhir Pebruari 2012 ini.
Diharapkannya, semua pihak yang terkait dan terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada HSU Juni mendatang, untuk konsisten dan dapat bekerjasama dengan tim  dalam hal penindakan terhadap pelanggaran lebih diperkuat dan dipertegas lagi.
“Saya berharap semua yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada HSU nanti dapat konsisten untuk menindak segala bentuk pelanggaran yang dilakukan, supaya semua pihak akan lebih berpikir panjang untuk berbuat kecurangan,” tutupnya. Metro7/Ayie