Pemerintah Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan memprogramkan pengembangan kawasan dan obyek wisata daerah Tahun 2012. Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (DISPARPORABUDPAR), Murjani.

Kawasan yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata meliputi daerah Danau Buruh Bahinu Dalam di Kecamatan Paringin Selatan. “Hingga saat ini Balangan belum memiliki kawasan atau obyek wisata, sehingga kini diprogramkan pembangunan dan pengembangannya”, ujar Murjani.
Pelaksanaan program pengembangan Buruh Bahinu Dalam sebagai kawasan wisata, akan dimulai dengan pekerjaan membersihkan danau. Pengembangannya dipandang tepat, karena Kawasan Danau Buhur Bahinu Dalam memiliki letak yang relatif dekat dengan pusat kota Paringin, yaitu hanya sekitar 9 km, sehingga akan mudah dikunjungi masyarakat sebagai obyek wisata alternatif yang menarik.
Obyek wisata ini akan dihubungkan dengan tiga jembatan gantung, sehingga pengunjung dapat melihat keindahan kawasan Danau Buruh Bahinu Dalam dari atas jembatan.
“Sesuai dengan wilayahnya yang berupa danau, akan kita bangun kawasan perikanan, dimana para pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing sebagai tambahan obyek wisata itu, dan akan dibangun juga  fasilitas permainan anak-anak,” tambahnya lagi.
Untuk menghidupkan dan terlaksananya suasana yang menarik animo pengunjung, secara berkala Pemerintah Kabupaten Balangan akan menggelar event dan kegiatan hiburan. Saat ini DISPARPORABUDPAR Kabupaten Balangan telah memanfaatkan Danau Buruh Bahinu Dalam sebagai arena latihan dan lomba olahraga dayung. Metro7/Sri