KOTABARU — Gelar pertandingan bola voli memperebutkan piala bergilir Bupati Kotabaru tahun 2012 yang baru saja berakhir merupakan kejuaraan yang kedua kalinya setelah pertandingan serupa tahun 2011 lalu.

Ajang ini diikuti oleh 30 peserta dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru, 20 peserta Putra dan 10 peserta Putri.
Mewakili Pemerintah Daerah, Wakil Bupati Kotabaru Drs Rudi Suryana dalam sambutannya menyampaikan agar para peserta yang bertanding, senantiasa memelihara semangat olahraga dan sportifitas yang tinggi. 
Berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam gelar pertandingan kali ini, klub-klub yang bertanding diperbolehkan menyewa atau mengontrak pemain dari luar Kabupaten Kotabaru. Tak ayal, cukup banyak akhirnya pemain luar yang  dianggap dapat memperkuat klub berdatangan dari luar daerah. Seperti Heru dan Solekan dari Banjarbaru yang masing-masing memperkuat klub Kecamatan Pulau Laut Selatan dan Kelumpang Tengah.
Demikian juga halnya dengan klub Putri yang tidak mau kalah, turut menyewa pemain dari Banjarbaru. Di antaranya Hesti Dan Tika.
Penyewaan pemain dari luar Kotabaru ini dimaksudkan agar pemain lokal dapat termotivasi, dan menciptakan nuansa baru yang dapat memicu semangat PBVSI dalam pembinaan atlit.
Ketua Bidang Pertandingan Masturidi, ketika dimintai penjelasan oleh Metro7 menyampaikan bahwa dengan adanya gelar perebutan piala Bupati cabang Bola Voli tahun ini yang memperbolehkan menyewa atau mengontrak pemain dari luar Kabupaten Kotabaru, diharapkan sebagai “Sparing” para atlit lokal yang akan dikirim ke Kabupaten Banjar mengikuti Pekan Olah Raga Provinsi tahun 2013 mendatang. Sebab di samping memperebutkan piala Bupati Kotabaru, gelar tanding ini juga bertujuan sebagai rekrutmen para atlit muda yang nantinya akan mewakili Kabupaten Kotabaru dalam ajang tersebut.
Pertandingan dilaksanakan sore dan malam hari selama 3 hari lamanya, mulai tanggal 29 Januari sampai 1 Pebruari kemarin. Keluar sebagai Juara I untuk Putra adalah Kecamatan Pulau Laut Selatan, setelah mengalahkan Kecamatan Kelumpang Tengah dengan skor 3-0. Sedangkan Juara III diraih Pamukan Barat  menyusul Kelumpang Hilir di posisi IV.
Sementara untuk Putri, Juara I direbut oleh Pulau Sembilan yang berhasil mengalahkan Pulau Laut Utara dengan skor 3-1, menyusul Pulau Laut Barat pada posisi III dan Pulau Laut Selatan di posisi IV.
Selain piala bergilir, untuk Juara I, masing masing piala tetap untuk Juara II, III, juga mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 2,5 juta untuk Juara I, Rp 2 juta untuk Juara III, Rp 1,5 juta untuk Juara III dan Rp 1 juta untuk Juara IV, Putra dan Putri.
Acara penutupan dihadiri oleh Ketua DPRD Kotabaru, Wakapolres, Palaksa Lanal, dan Ketua PN.
Kepala Disporabudpar Kotabaru Ir H Rai Rajuni mewakili Bupati menyampaikan bahwa olahraga, selain sebagai upaya menyehatkan jasmani, juga terkandung makna yang lebih jauh di dalamnya. Olahraga bola voli, memerlukan kerja sama yang baik serta saling pengertian, karena olahraga ini adalah olahraga tim. Metro7/ANDI