AMUNTAI — Untuk bisa mengusung pasangan Cabup-Cawabup pada Pemilukada Hulu Sungai Utara (HSU) 2012, Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan untuk berkoalisi dengan partai lain, karena kursi yang dimiliki oleh Partai berlambangkan Matahari ini hanya satu di DPRD HSU.

Sekretaris DPD PAN HSU Ahmad Sarmada kepada Metro7, Senin (30/01) mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan ke beberapa Parpol yang ada di parlemen maupun non parlemen.
“Kita sudah melakukan pendekatan ke beberapa Partai Politik, baik yang ada di Dewan, maupun di luar Dewan atau Non Parlemen,” jelasnya
Mada menyebutkan, partai yang berada di Dewan yakni PPNU yang juga memiliki satu kursi dan beberapa partai Non Parlemen seperti PDIP, Gerindra, Hanura dan PPRN.
Menurut Sarmada, ada lima Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten HSU yang  bertarung pada Pilkada, mendaftarkan dirinya ke PAN sebagai partai pengusung.
“Kita sudah mengantongi beberapa nama Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang nantinya akan diusung dalam Pilkada Juni mendatang,” tandasnya.
Ketua Fraksi Agung DPRD HSU ini menyebutkan, sebanyak lima nama Balon Bupati dan Wabup yang sudah mendaftar ke PAN, empat di antaranya sebagai Balon  Bupati dan satu pasangan lainnya lagi sebagai Balon Bupati dan Wabup.
Keempat Balon Bupati tersebut adalah H Mukarram Fikrie (Ketua DPC PBR HSU), H Hamli Kursani (Kadis Perindagkop Pemko Banjarmasin), HM Gazali Rahman (Staf Ahli Pemkab HSU), dan Mahyudin (Pengusaha Tanah bumbu).
Sedangkan pasangan Balon Bupati dan Wabup yang sudah terdaftar di PAN, adalah HA Hasib Salim dan H Maliki Djarkasi yang merupakan pasangan usungan Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.
Dari empat Balon Bupati dan satu Balon Bupati-Wabup ini menurut Mada, nantinya akan diambil dua nama yang selanjutnya akan diajukan ke DPD PAN Kalsel.
“Insya Allah, sebelum tanggal 10 Februari nanti, sudah akan dijaring dua nama yang bakal diajukan ke DPD PAN Kalsel sebagai Cabup dan Cawabup yang akan kita usung. Karena kita (DPD PAN HSU – red) akan menggelar Rapat Pleno yang insya Allah akan diadakan pada tanggal 9 februari ini,” bebernya.
DPW PAN Kalsel pun dalam pelaksanaan penjaringan Balon Bupati dan Wabup, telah sepenuhnya mempercayakan DPD PAN HSU untuk menentukan dua nama yang paling pantas menjadi Cabup dari PAN.
Namun DPD PAN Kalsel berpesan agar DPD PAN HSU dapat memilih Balon Bupati dan Wabup yang sudah siap, dalam artian Balon Bupati juga harus mendapatkan dukungan partai lain.
Dari sinilah nantinya akan terbentuk koalisi dengan partai lain yang juga memiliki kursi di DPRD HSU dan juga memiliki massa yang kuat.
“Balon Bupati yang akan kita pilih harus sudah siap, diharapkan juga sudah mendapat dukungan dari partai lain yang juga memiliki kursi di DPRD HSU,” harapnya.
Mada menegaskan, DPD PAN HSU akan selalu menjalankan instruksi DPD PAN Kalsel dan siap untuk memenangkan siapa pun calon yang bakal diusung PAN.
“Kita tinggal menunggu instruksi wilayah dan kita selalu siap untuk memenangkan siapa pun calon yang diusung oleh PAN,” tegasnya. Metro7/Ayie