Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang ahli dalam bidang pemerintahan, politik, dagang, strategi dan meluruskan perilaku serta akhlak manusia. Beliau juga pemersatu umat dalam Iman, Islam dan Ihsan serta pemimpin dunia.

Demikian diungkapkan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid, saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Pesantren Ibnul Amin Pemangkih, Desa Pemangkih Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) Kabupaten HST, Kamis (26/1) pekan tadi.
Menurut Harun, peringatan Maulid Rasul mengandung hikmah untuk meneladani kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam bidang pemerintahan.  Sehingga ujarnya, hal itu menjadi pedoman untuk menjalankan roda pemerintahan dan kehidupan ke arah yang lebih baik dan sejahtera.
“Saya merasa bangga dan sangat bahagia dapat bersilaturrahmi dengan para tokoh  ulama, masyarakat dan para dalam peringatan Maulid Nabi ini. Semoga dengan kegiatan ini kita semua dapat meneladani sifat Nabi Muhammad di segala sendi kehidupan,” harapnya.
Peringatan juga diisi dengan Tausyiah oleh Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al Kaf (pengarang kitab) dari Madinah Al Munawarah dan Al Habib Ja’far Shadiq bin Agil bin Umar Al Atthas dari Sukabumi.
Habib Hasan menerangkan, jika Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi yang paling mulia dunia akhirat. Bahkan, katanya, Nabi Musa juga ingin menjadi umat Nabi Muhammad SAW.
“Maka itu, berbahagialah umat Islam pengikut ajaran Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.
Ia pun mengingatkan agar umat Islam bisa mensyukuri nikmat menjadi umat Nabi Muhammad SAW dengan mempedomani jejak langkah beliau. Caranya dengan terus menjaga rasa cinta kepada beliau, sebagaimana para sesepuh dan pendahulu yang senantiasa memuliakan, memuji dan mencintai Rasulullah yang akhirnya menjadi bekal amal hingga hari kiamat.
Sementara Habib Ja’far dalam Tausyiahnya mendoakan Bupati HST H Harun Nurasid agar panjang umur, menjadi pemimpin yang adil, pemimpin yang mau meniru perjuangan Nabi. Beliau juga mendoakan Bumi Murakata agar selalu menjadi daerah yang aman dan sehat dengan nikmat Iman dan Islam.
“Peringatan Maulid Rasul merupakan wujud syukur nikmat kepada Allah SWT, dengan mengenang sejarah perjuangan Nabi dan para sahabat. Rasa syukur dengan seluruh anggota tubuh untuk ketaatan dan mencari keridhaan Allah semata. Sebaik-baiknya orang  yang berdosa adalah orang suka bertobat, dan mereka yang senantiasa menebar sedekah,” tambahnya.
Turut hadir Pengasuh Pondok Pesantran Ibnul Amin Pemangkih KH Muhtar, Ketua DPRD HST H Gusti Rosyadi Ilmi, Dandim 1002 Barabai Letkol Infanteri Heri Pribadi, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya, para Pimpinan SKPD, Camat dan unsur Muspika Kecamatan LAU, ribuan santri Ponpes Ibnul Amin dan undangan lainnya. advhst