AMUNTAI — Sampai saat ini Partai Demokrat (PD) HSU belum menentukan sikap terkait pemilihan Balon Bupati dan Wabup pada Pilkada HSU Juni 2012 mendatang. Ketua DPD Partai Demokrat (PD) HSU Fahri lhami, SE kepada Metro7, Kamis (02/02) mengatakan, pihaknya masih melakukan evaluasi terhadap empat calon bupati yang sudah melamar secara resmi ke Demokrat HSU.

“Kita masih menunggu keputusan DPD Partai Demokrat Propinsi, jadi sebelum ada ketetapan dari DPD propinsi, Demokrat HSU belum memiliki calon tetap,” ujarnya.
Fahri juga menyatakan bahwa sampai sekarang keempat Balon Bupati masih mempunyai peluang yang sama untuk dapat diusung DPD PAN HSU.
“Sebelum menentukan calon, kami akan melakukan koalisi dulu dengan partai lain. Setelah itu baru bersama-sama menentukan pilihan,” jelasnya.
Ditambahkannya bahwa hal itu bertujuan supaya antara partai yang berkoalisi tidak ada yang merasa dinomor duakan, karena calon yang diusung adalah hasil kesepakatan bersama.
Terkait rekan koalisi, Fahri menyebutkan bahwa koalisi akan dilakukan di tingkat propinsi, yang secara otomatis daerah akan mengikuti instruksi dari wilayah.
Sementara itu semenjak dibukanya pendaftaran Balon bupati dan Wabup, sudah ada empat Balon yang mendaftarkan diri ke PD HSU.
Keempatnya masing-masing adalah H Hamli Kursani (Kadis Perindagkop Pemkot Banjarmasin), HM Gazali Rahman (Staf Ahli Pemkab HSU), H Yadi Ilhami (Ketua KNPI HSU) dan Mahyudin (Pengusaha Tanah bumbu).
Seluruhnya diketahui sudah melalui tahapan Fit and Proper Test dari lembaga independen pada tanggal 30 Januari kemaren dan mereka telah dinyatakan layak untuk terus melangkah ke tahap selanjutnya, yakni penentuan Calon Bupati dan Wakil bupati.
“Diperkirakan pertengahann Februari ini, sudah akan ada kepastian nama calon yang diusung oleh Partai Demokrat,” pungkas Fahri. Metro7/Ayie