Tahun 2012 bisa dibilang tahun kerja keras bagi Pemerintah Hulu Sungai Tengah (HST). Tak sekedar ingin mendengar laporan saja, pada dua kesempatan berbeda, Bupati HST H Harun Nurasid menyempatkan waktunya berkeliling melihat hasil pembangunan yang telah dijalankan pada tahun 2011 lalu.

Seperti belum lama tadi, orang nomor satu di Bumi Murakata ini dengan didampingi Kepala PU HST H Akhmad Riduan, meninjau langsung hasil pembangunan di desa-desa. Dari pembangunan jalan, jembatan, serta infrastruktur pendukung lainnya. Bahkan, dari hasil peninjauan tersebut, Harun sempat mewacanakan membangun jalan rintis dari Desa Batu Habu, Anak Desa Haruyan Seberang, tembus ke Balabau di Kecamatan Pandawan. Bupati beserta rombongan juga meninjau kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS), dan mengontrol kondisi jalan di Kecamatan Haruyan.
Sebelumnya, Harun dan rombongan masih sempat melakukan kegiatan serupa dengan berkeliling dan menembus jalan di kaki Pegunungan Meratus melewati tiga kecamatan, yakni Batu Benawa, Hantakan, dan Haruyan. Tujuannya, ingin memastikan jalan tembus Lok Bulat dan Tumarin Kecamatan Haruyan, Kabupaten HST hingga Hamak Utara, Telaga Langsat, Kabupaten HSS berjalan sesuai kontrak.
Menurut Harun, ekses perbaikan jalan sangat memudahkan pergerakan orang dan barang. Termasuk ujarnya, akan membuka pintu agar anak didik lebih mudah bersekolah, sekaligus membuka potensi berbagai objek wisata. Yang jelas, baginya tahun 2012 ritme kinerja akan semakin dipercepat dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
“Salah satu bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat, tentu saja dengan membenahi infrastruktur jalan dan jembatan. Kasihan mereka yang sudah lama kesulitan untuk menggerakkan hasil bumi,” katanya. advhst