AMUNTAI — Guna mempersiapkan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) nanti, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar try out, Senin (6/2) pagi untuk tingkat SMA sederajat.

Pelaksanaan try out dilakukan serupa dengan pelaksaanaan UN sesungguhnya. Soal yang akan dijawab para pelajar pun tidak jauh berbeda dengan soal-soal yang akan di UN kan.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSU Drs Hery Priyanto mengatakan, pelaksaanaan try out juga akan dilakukan siswa SMP sederajat yang akan ikut dalam UN pada April 2012 mendatang.
‘’Senin besok akan kita laksanakan try out bagi siswa SMA/sederajat secara serentak. Kepada para penyelenggara try out, kita berharap supaya  menjalankan tugas dengan sebaik mungkin dan kepada pihak sekolah, agar membackup pelaksanaan secara total,” pintanya saat ditemui beberapa hari sebelum pelaksanaan.
Kabid Dikmen Dinas Pendidikan HSU Drs Yunus menyampaikan, dengan diadakannya try out ini, setidaknya siswa dapat  merasakan simulasi sebelum menghadapi UN secara total pada pertengahan bulan April mendatang.
‘’Hal ini dimaksudkan agar siswa dan siswi dapat melaksanakan UN dengan baik pada waktunya. Tentunya dengan try out yang dilaksanakan secara serentak ini, kami berharap nilai ujian try out, baik dan tidak anjlok seperti tahun 2011 lalu,” katanya.
Ditambahkan, pihaknya telah menekankan ke sekolah dalam beberapa bulan terakhir untuk terus memacu para siswa agar terus belajar, mulai dari sistem remideal (pengulangan kembali) soal-soal yang akan diujikan, hingga melakukan les khusus mata pelajaran yang akan di UN kan. Metro7/fit