AMUNTAI Situasi memanas semakin terasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjelang Pemilukada yang akan dilaksanakan Juni 2012 mendatang. Suara dua partai besar yang ada di HSU kemungkinan akan terbagi, karena adanya perpecahan dukungan yang dilakoni oleh pemimpinnya.

Ketua DPC PPP HSU H Abdul Gafar kepada Metro7, Jumat (17/2) mengatakan, pihaknya hanya akan menindaklanjuti hasil Rapat Pimpinan Cabang Khusus (Rapimcabsus) yang digelar beberapa waktu lalu, dimana suratnya sudah dikirim ke DPW dan DPP PPP.
“Kami hanya akan menidaklanjuti hasil Rapimcabsus yang sudah memutuskan untuk mengusung pasangan Yadi Ilhami dan Sutoyo Sandy, sekarang tinggal menunggu proses yang sedang berjalan,” jelasnya.
Abdul Gafar menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengusulkan nama Husairi Abdi kepada DPW maupun DPW, karena mereka menolak menerima keputusan DPW yang dikabarkan telah memutuskan berkoalisi dengan Golkar dengan mengusung Pasangan H Abdul Wahid H Husairi Abdi.
Menurutnya, keputusan yang diambil tersebut sudah sesuai hasil rapat DPC PPP dan merupakan  ijtihad politik yang sudah disepakati bersama oleh 3 Majelis, yakni Majelis Syariah Cabang, Majelis Pertimbangan Cabang dan Majelis Fakar Cabang.
Sementara itu, Sutoyo Sandy saat dikonfirmasi Metro7 terkait pencalonan dirinya, mengatakan bahwa ia akan mematuhi semua keputusan DPC PPP, karena itu adalah amanah partai yang secara organisasi dan garis kebijakan harus dipatuhi oleh semua anggota.
“Saya akan mematuhi apa yang telah menjadi keputusan DPC PPP, karena itu adalah amanah yang harus saya patuhi. Apapun keputusan Partai, adalah Sami`na wa atho`na, yang artinya kami dengar dan kami taati,katanya.
Ia memandang perbedaan pendapat dalam partai bukan sebuah perpecahan, masing-masing anggota harus menghormatinya.
Sutoyo yang juga Ketua DPD HSU ini mengaku akan semaksimal mungkin menjalankan amanat Partai dan masyarakat.
Aktivis mahasiswa angkatan 89-90 ini juga menyatakan tidak akan mengecewakan Partai dan masyarakat HSU yang sudah mendukung pencalonan dirinya.
Ketua PAC PPP Kecamatan Amuntai Utara, Yusran, Optimis akan keberhasilan dua tokoh muda ini.
Menurutnya, sudah saatnya tokoh muda ikut berperan dalam pembangunan HSU ke depan, karena memang sudah seharusnya pembangunan berada di pundak Pemuda. Metro7/Ayie