BARABAI — Bupati HST H Harun Nurasid bersilaturrahmi dengan Karyawan dan Karyawati Dinas Perdagangan, Pasar, Koperasi dan UMKM (DPP KUMKM) Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Aula DPP KUMKM, Rabu (1/2) sekira pukul 11.00 Wita.  

Kepala DPP KUMKM HST M Yusuf menjelaskan, pihaknya memiliki 3 Program Kegiatan Kesekretariatan serta 11 program yang langsung ke masyarakat, terutama dalam pembinaan UKM dan Koperasi, sejalan visi daerah untuk meningkatkan keunggulan dan kemandirian masyarakat serta optimis dapat meraih target pencapaian retribusi PAD di tahun 2012.
“Ditahun 2011, target tak mencapai 100%, baru 93%, dikarenakan ada pasar yang belum berfungsi karena perbaikan. Sementara di tahun 2012, target kembali naik Rp 1 milyar atau lebih 10%, kita optimis dapat mencapainya dengan usaha intensifikasi dan ekstensifikasi,” katanya.
Diterangkannya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM pun telah memberikan perhatian berupa bantuan  50 unit tenda untuk UPTD Pasar Keramat, agar terkesan tidak kumuh ditambah Rp 800 juta ke koperasi yang nantinya akan dimanfaatkan untuk pembangunan Pasar Pantai Hambawang.
Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya kepada jajaran DPP KUMKM dalam usaha sinergis untuk mencapai target PAD tahun 2012. Besarnya tanggung jawab yang dipikul, merupakan tugas bersama pimpinan SKPD bersama semua staf untuk menyukseskan program yang telah disusun bersama.
Dikatakannya, di tahun 2012, juga ada dua target pencapaian besar yang diharapkan bisa diraih oleh Kabupaten HST, yaitu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan Adipura. DPP KUMKM beserta SKPD terkaitnya dalam penataan pasar memiliki kewajiban terdepan untuk menyukseskannya dimulai dari membina organisasi yang baik, harmonis, komunikatif dan kompak.
“Alhamdulilllah berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan sebuah Perguruan Tinggi terkemuka di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengenai layanan publik, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah mendapatkan hasil menggembirakan, bahwa masyarakat kita menyatakan cukup puas. Jajak pendapat ini dilakukan independen dan berdasarkan wawancara langsung yang insya Allah hasilnya akan diumumkan terbuka segera,” katanya.
Ditambahkannya, melalui forum silaturahmi yang rutin digelar tersebut, diharapkan menumbuhkan rasa kebersamaan dan sarana bertukar pikiran dalam menyelesaikan persoalan internal dengan baik, memanjangkan umur, menyehatkan, serta menambah rezeki,” katanya.
Di kesempatan ini pula, Bupati HST H Harun Nurasid menyerahkan bingkisan bagi dua Karyawan DPP KUMKM yang telah pensiun dan telah banyak berkiprah meningkatkan PAD HST, yaitu Abdul Gani Majedi Kasi Metrologi dan Perlindungan Konsumen DPP UMKM HST dan Suwartono Kepala UPTD Pasar Keramat Barabai. advhst