Sebagai bentuk kepedulian polisi kepada masyarakat sekaligus sarana untuk melakukan sosialisasi terkati keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), jajaran Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan kegiatan Jumat keliling di wilayah hukumnya.

Kegiatan tersebut dilakukan secara simultan oleh Kapolres HST, AKBP Iwan Sonjaya beserta jajarannya. Jumat (10/2) lalu, giliran Desa Paya Besar Kecamatan Batu Benawa yang menjadi tujuan. Kegiatan dipusatkan di Mesjid Al Amin. Selain ditemani Kabag Ops Kompol Sarjaini dan jajaran Polres HST lainnya, AKBP Iwan Sonjaya juga menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HST, KH Musa Yusuf (Guru Musa).
Kedatangan rombongan disambut hangat oleh warga Desa Paya Besar. Rombongan terlihat akrab dan merbaur dengan warga setempat untuk melakukan salat Jumat berjamaah.
“Ini merupakan bentuk program pendekatan polisi kepada masyarakat. Tujuannya agar terjalin silaturahmi dan kemitraan yang baik antara polisi dan masyarakat,” ujar AKBP Iwan Sonjaya di sela kegiatan itu. 
Iwan berharap, dengan pelaksanaan kegiatan itu, jalinan silaturahmi dengan masyarakat dapat berjalan baik, sehingga dapat meminimalisir tindak kriminal. Dia menghimbau, agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga kamtibmas dan masalah lainnya yang menyangkut ketenteraman desa. Selain itu, di hadapan warga Desa Paya, Kapolres yang dikenal sangat religius ini mengungkapkan bahwa Kecamatan Batu Benawa akan menjadi kecamatan pertama penerapan program ‘Satu Desa Satu Polisi di Kabupaten HST.
“Kecamatan Batu Benawa kita pilih sebagai pilot projek program tersebut. Insya Allah dalam waktu dekat, realisasi penempatan Satu Polisi untuk Satu Desa itu, akan kita laksanakan,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua MUI HST KH Musa Yusuf juga ikut memberikan nasehat dan himbauan kepada warga. Ulama kharismatik ini berpesan agar warga dapat saling memberi nasehat dan saling mengingatkan, jika ada warga lainnya yang berbuat maksiat, yang bisa berbuntut pada pelanggaran hukum.    
“Kabupaten HST selama ini sangat aman dan jauh dari segala macam bencana. Ini merupakan rahmat dari Allah SWT yang harus kita syukuri dan kita jaga sebaik mungkin. Mari kita berdoa bersama agar Bumi Murakata aman, tenteram dan Ruhui Rahayu serta selalu dalam lindungan Allah SWT,” seru Guru Musa.
Sementara, mewakili warga setempat, pengurus sekaligus panitia Mesjid Al Amin Desa Paya Besar, Asmail, mengaku sangat beruntung desanya menjadi salah satu tempat yang dikunjungi jajaran Polres HST. Menurutnya, hal tersebut akan menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian.
“Kita berharap dengan kegiatan ini, silaturahmi dan kemitraan polisi dan masyarakat benar-benar berjalan baik. Sehingga HST menjadi daerah yang aman dari segala tindak kriminal,” katanya.
Kegiatan Jumat keliling jajaran Polres HST ini turut dihadiri Camat Batu Benawa Mukaram, Kapolsek Batu Benawa AKP H Miseran, tokoh masyarakat, tokoh agama serta warga Desa Paya Besar lainnya. advhst