BARABAI — Lima orang siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Batumandi Kabupaten Balangan, melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin), di Bagian Humas Setda HST. Kegiatan tersebut telah dijalani mulai Januari 2012 lalu hingga 28 Februari 2012 mendatang.

Kasubag Peliputan dan Publikasi Humas Setda HST, Hardianto menerangkan, kegiatan Prakerin merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa. Di mana, ujarnya, Humas Setda HST telah lama menjalin kerjasama dengan beberapa SMKN dan Perguruan tinggi, baik lokal hingga luar daerah.
“Prakerin memadukan antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di dunia/industri yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu,” ujarnya.
Hardianto menjelaskan, sejalan dengan tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan yang mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga profesional, siap kerja dan mandiri, Maka bagian Humas Setda HST selama ini telah membuka kesempatan bagi siswa SMKN maupun  Mahasiswa, yang ingin melaksanakan magang atau praktek langsung. Kebetulan, sambungnya, yang saat ini sedang melakukan magang itu adalah lima siswi dari SMKN 1 Batu Mandi. Mereka adalah Merry Andani, Novita Sari, Nurhanah, Siti Rahmah dan Sri Hartini.
“Keberadaan mereka cukup membantu. Baik menyangkut peliputan kegiatan pemerintah dan pembangunan, maupun untuk membantu staf humas dalam mendokumentasi kegiatan,” jelasnya.
Para Siswi dinilai Hardianto cukup rajin dan terampil. Mereka juga cepat bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan kerja, yang memang sesuai dengan keterampilan dan pendidikan mereka di jurusan Multimedia. Baik untuk urusan fotografi, video shooting, sangat membantu kru Murakata TV dan Radio Suara Murakata dalam hal penyiaran.
Siti Rahmah, salah satu siswI Prakerin SMKN 1 Batu Mandi mewakili teman-temannya menuturkan, meski tempat Prakerin mereka jauh dari tempat tinggal, namun itu tidak menjadi kendala berarti, sebab, ucapnya, untuk memudahkan kegiatan Prakerin, mereka telah menyewa rumah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kantor Bagian Humas Setda HST.
“Kami senang dapat diberi kesempatan untuk dapat melaksanakan Prakerin di sini. Banyak keterampilan dan pengalaman baru yang kami peroleh di lingkungan kerja yang cukup dinamis dan penuh aktifitas ini. Kami juga bisa lebih banyak mengenal proses pengarapan video dari awal produksi, menjadi kameramen, reporter, menulis berita hingga menjadi penyiar di sela-sela Prakerin,” ungkapnya. advhst