AMUNTAI — Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjamin kebutuhan benih ikan selalu tersedia, dengan adanya Balai Benih Ikan Lokal (BBIL) yang ada di desa Palanjungan Sari Kecamatan Banjang.

BBIL yang berlokasi sekitar 5,5 kilometer dari kota Amuntai ini, memiliki luas areal 3 hektar dan sudah dilengkapi fasilitas utama, seperti kolam pendederan 8 unit, kolam induk ikan jantan dan betina masing-masing 4 unit, 1 unit kolam pakan ikan, dan 4 unit kolam pemijahan.
Fasilitas penunjang seperti gudang pakan, mess karyawan, mesin pembuat pakan dan pompa air melengkapi keberadaan BBIL yang pada tahun 2011 lalu berhasil meraih Juara II penilaian BBIL tingkat provinsi Kalsel.
 Kepala BBIL Amuntai Basuki Wibowo mengungkapkan, pada tahun 2011, BBIL telah menghasilkan 152 ribu benih ikan yang dibeli petani dengan harga terjangkau. Dana hasil pembelian benih ini masuk ke kas daerah.
“Adapun benih ikan yang dihasilkan, yakni benih ikan Patin, Nila, Lele, dan Papuyu,” terang Basuki.
BBIL, tambah Basuki, tidak lain untuk membudidayakan perikanan melalui penggunaan benih ikan yang unggul, berkualitas dan budidaya ikan air tawar yang kompetitif. Metro7/fit