Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid menghadiri peringatan maulid rasul di Mesjid Darul Mukarramah Desa Walatung, Kecamatan Pandawan. Kamis, (16/2) lalu.

Di tengah kesibukannya, orang nomor satu  di Bumi Murakata ini menyempatkan diri untuk berbaur dengan masyarakat lain, guna mempererat tali silaturrahmi dan ukhuwah Islamiyah.
Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana H Zaki menyampaikan bahwa Kerukunan Alumni Madrasyah Tsanawiyah Ismaili (KAMI) dibangun sekitar tahun 2005, bertepatan dengan reuni Alumni Ismaili tahun 1950–2010.
Dijelaskannya, KAMI merupakan ormas independen yang salah satu programnya adalah membantu para anggota yang sakit dengan menjenguk dan memberikan bingkisan, sedangkan bagi anggota yang meninggal dunia, para anggota laki-laki diwajibkan melaksanakan sholat kifayah.
Harun Nurasid pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa peringatan maulid rasul ini sangatlah baik dilakukan, sebab kegiatan tersebut dapat sekaligus meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW dan silaturrahmi pun akan terbangun secara mandiri di masyarakat.
Disebutkannya, Rasulullah adalah suri tauladan yang baik bagi umat manusia, sehingga dengan cinta kepada Rasul, diharapkan mampu memperbaiki akhlak.
“Saya sangat bangga bisa berkumpul dengan warga semua. Di tengah pengaruh zaman yang kian modern, kita masih ingat dengan keteladanan rasul dan tiap tahunnya selalu memperingati hari kelahirannya,kata Harun.
Peringatan maulid rasul kali ini juga diisi dengan tausyiah oleh H Murjani dari Desa Andang Kecamatan Haruyan yang dalam tausiyahnya menjelaskan makna peringatan maulid rasul, antara lain bahwa dengan memperingati kelahiran rasulullah SAW, akan meningkatkan kecintaan kepada Rasul Allah.
“Begitu mulianya Muhammad SAW dibandingkan dengan Nabi-nabi lain, hal ini dikarenakan hanya Muhammad Rasululah yang dapat memberikan syafaat kepada seluruh umat manusia, atau pun memberikan pertolongan kepada hambanya yang beriman,jelasnya.
Diterangkannya, kelebihan memperingati  maulid rasul, di antaranya, jika ada orang yang sering berbuat dosa, namun ia selalu memperingati maulid rasul, maka dosanya akan diampuni. Selain itu juga ia akan dimuliakan oleh Allah SWT.
Pada peringatan maulid ini juga dihadiri oleh Camat Pandawan, tokoh masyarakat, alim ulama serta alumni Ismaili yang ada di Kabupaten HST. advhst