BARABAI – Sebanyak 117 mahasiswi kebidanan dari Stikes Muhammadiyah Banjarmasin menjalani kegiatan praktek lapangan di Kecamatan Haruyan dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Mereka disebar di 14 desa selama satu bulan. Peresmian Praktik Klinik Kebidanan Program Studi Diploma III Kebidanan Semester VI itu diresmikan Sekda HST IBG Dharma Putera, Senin (20/2) awal pekan lalu di Aula RS Dhamanhuri Barabai.
Dalam laporannya, Ketua Stikes Muhammadyah Banjarmasin Hj Ulfah Hidayati menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswi kebidanan bisa mempraktekkan ilmu teorinya selama terjun langsung di masyarakat.
“Dengan bimbingan dan pengawasan dari Kepala Puskesmas, Pembimbing praktek lapangan, dan pembimbing akademik, mahasiswa diharapkan bisa bekerjasama dengan dengan semua pihak,” katanya.
Sebelum membuka secara resmi Praktik Kebidanan Komunitas, Sekda IBG Dharma Putera  menyampaikan kepada seluruh mahasiswa dan pembimbing, agar benar-benar menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan tulus. 
“Agar berhasil dalam tugas, harus rendah hati dan memiliki integritas,” katanya.
Dharma juga mengusulkan, agar Stikes Banjarmasin memiliki desa binaan di HST, supaya kemitraan Pemkab dan Stikes tetap terjalin dengan baik. advhst