KANDANGAN — Para ulama Pattani Thailand yang diketuai ustadz Haderani Sa’ya dari Banjarmasin berkunjungi ke Kabupaten HSS. Kedatangan rombongan  disambut oleh Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, di Aula Rakat Mufakat,Selasa (14/2) lalu.

“Selain silaturahmi, kedatangan kami ke Indonesia khususnya di Kabupaten HSS adalah untuk mendalami Agama Islam. Karena Agama Islam, pertama di Thailand disyiarkan oleh orang Indonesia,” ungkap ustadz Abdul Karim dari Thailand.
Menurutnya, silaturrahmi juga akan dilakukan dengan mengunjungi masjid-masjid dan alim ulam yang ada di HSS, sehingga bisa menjalin ukhuah islamiah sesama umat Islam, khususnya di Kabupaten HSS.
Sementara itu, H Ardiansyah mengaku sangat bangga dan terhormat karena telah dikunjungi ulama-ulama dari Thailand.
“Sejak dahulu Kabupaten HSS terkenal masyarakatnya berakhlak religius. Hal ini dibuktikan dengan adanya makam-makam ulama terkenal, seperti makam Datuk Taniran di Kecamatan Angkinang dan makam Datuk Balimau di Kecamatan Kalumpang,” ujanya.
Wabup menjelaskan, mereka semua merupakan cucu dari ulama terkenal di Kalsel, Datuk Kalampayan Syekh H Muhammad Arsyad Al-Banjary.
Ulama-ulama tersebut, sangat berjasa dalam mengembangkan ajaran Islam di Kabupaten HSS. Menurut Ardiansyah, hingga sekarang kehidupan religius masyarakat di HSS terus berkembang dan meningkat. Hal ini ditandai dengan maraknya majelis-majalis ta’lim dan pengembangan pendidikan Islam, baik formal maupun non formal.
“Kami sangat mengharapkan para mulia alim ulama cendikiawan muslim Pattani Thailand, dapat mengunjungi dan bersilaturrahmi dengan para alim ulama yang ada di daerah ini. Semoga silaturrahmi dan persahabatan ini dapat terus kita tingkatkan di masa-masa mendatang,” harapnya. Metro7/usy