DPW Belum Restui Hamli Sutoyo
AMUNTAI Dengan berpedoman kepada SK DPP PPP, DPC PPP HSU secara resmi telah mendeklarasikan pasangan Drs H Hamli Kursani M.Si dan Sutoyo Sandi sebagai Bakal Calon Bupati dan Balon Wabup HSU periode mendatang.

Ketua DPC PPP HSU H Abdul Gafar, Selasa (28/2) mengatakan, pihaknya berani melakukan deklarasi karena  sudah mendapat restu dari DPP PPP yang  telah dipatenkan melalui SK yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen DPP PPP.
“Kita sudah melihat SK tersebut yang sudah ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen PPP pusat dan dari dasar itulah kita berani melakukan deklarasi,” jelasnya.
Ia menambahkan bahwa deklarasi tersebut merupakan kesepakatan bersama antara pengurus DPC dengan 10 PAC yang juga diikuti oleh Majelis Syariah Cabang, Majelis Pertimbangan Cabang dan Majelis Fakar Cabang.
Menurut H Abdul Gafar, pihaknya sudah menjalankan semua prosedur termasuk meminta persetujuan wilayah, walaupun DPW saat ini belum merestui pasangan yang diajukan.
Ditegaskan Gafar, dengan tanpa mengurangi rasa hormat pihaknya akan kembali mengusulkan pasangan yang telah dideklarasikan DPC ke DPW dan seandainya DPW tetap tidak mendukung, pihaknya akan tetap pada pendiriannya.
“Untuk pemilihan Bupati, DPC lah yang lebih berwenang, karena ini tingkatannya kabupaten. Kalau tingkat provinsi, baru wilayah yang berwenang memutuskan,” tandasnya.
DPC PPP HSU sebelumnya sudah mengajukan nama Drs H Hamli Kursani M.Si sebagai Balon Bupati HSU periode 2012-2017 ke DPW dan DPP. Namun tidak berapa lama kemudian, keputusan tersebut berubah, PPP HSU kembali mengajukan Balon Bupatinya ke DPW dan DPP yang kali ini lengkap dengan Balon Wakil Bupati, yakni H Yadi Ilhami dan Sutoyo Sandi.
Menurut informasi yang didapat, pasangan Yadi-Sutoyo ini ditolak, karena DPP PPP sudah mengeluarkan SK yang merekomendasikan Drs H Hamli Kursani MSi sebagai Balon Bupati HSU.
Berdasarkan SK tersebut lah PPP HSU kembali mengusung Drs H Hamli Kursani MSi sebagai Balon Bupati.
Sedangkan untuk pasangannya, DPC PPP HSU diberi kewenangan menentukan sendiri yang kemudian melalui Rapimcabsus disepakati  Sutoyo Sandy sebagai Balon wabup mendampingi Drs H Hamli Kursani MSi. Metro7/Ayie