Khoirul Anam Spd
TAMIANG LAYANG — Dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN) bulan Mei 2012 mendatang, pihak Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Tamiang Layang melaksanakan try out secara rutin bagi para siswa, untuk meningkatkan jumlah kelulusan.

Kepala SMAN 1 Tamiang Layang Khoirul Anam Spd mengatakan, pihaknya tidak mendapat dana pembiayaan untuk melaksanakan try out dari Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga, karena tidak dialokasikan pada anggaran APBD Tahun 2012. Menyiasati hal itu, pihaknya terpaksa membebankan pada keuangan sekolah masing-masing, agar tetap terlaksana dan berjalan dengan baik.
 “Seharusnya alokasi dana try out dianggarkan dalam APBD melalui Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga, agar bisa menunjang program Pendidikan Nasional di Wilayah Bartim, terutama untuk meningkatkan daya ingat siswa terhadap mata pelajaran yang akan digelar pada UN mendatang,” ungkap Anam.
Karena tak ada suntikan dana dan pembiayaannya ditanggung oleh masing-masing sekolah, beberapa sekolah kesulitan melaksanakan try out.
Khoirul Anam menjelaskan bahwa try out SMAN 1 Tamiang Layang akan dilaksanakan tanggal 5-8 April mendatang. Ia berharap kegiatan tersebut bisa membantu siswa-siswi dalam memahami dan menguasai mata pelajaran yang akan digelar dalam menghadapi pelaksanaan UN mendatang.
Kepada para siswa, ia berpesan agar mempersiapkan diri sedini mungkin, supaya hasil yang dicapai bisa memuaskan, dan pada gilirannya, tingkat kelulusan pun ikut meningkat, kalau bisa mencapai 100 persen sesuai dengan yang diharapkan.
Sementara itu, Kepala SMKN 2 Tamiang Layang Kolberto ketika ditemui Metro7 di sekolahnya, Jum,at (02/03) lalu menjelaskan, bahwa untuk melaksanakan try out pihaknya terpaksa menganggarkan dana sendiri.
       “Untuk melaksanakan try out, kami terpaksa menganggarkan dana sendiri, agar pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mendatang dapat dilewati oleh para siswa dengan baik, dan apa yang kita harapkan juga bisa tercapai,” pungkas Kolberto. Metro7/Ali