PARINGIN — Pemerintah Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Balangan pada 2014 menargetkan pertambahan koperasi di Kabupaten setempat  mencapai 100 buah.

Menurut Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Disperindagkop Kabupaten Balangan Musa Abdullah, target pertumbuhan ini tergolong rendah.
“Mengacu pada jumlah koperasi yang ada saat ini, untuk mencapai target itu hanya diperlukan pertumbuhan rata-rata 7 buah koperasi per tahun hingga 2014,” ujarnya.
Diakuinya, pada tahun 2010 jumlah koperasi Balangan tercatat 83 buah, pertambahan sebanyak 7 buah pada tahun 2011 menjadi 91 buah. Dikatakannya, setiap tahun terdapat puluhan pengajuan permohonan pembentukan koperasi baru oleh masyarakat.
Adapun pemberian ijin pembentukan koperasi baru diberikan melalui mekanisme evaluasi yang ketat, sehingga hanya koperasi yang betul-betul memenuhi syarat, dinyatakan lolos.
“Dalam mengelola koperasi, kita harus mengetahui bagaimana caranya upaya untuk menumbuh kembangkan koperasi yang sudah ada,” tutur Musa Abdullah kepada Metro7.
Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan sendiri melalui dinas terkait telah melakukan langkah pembinaan melalui kegiatan lokakarya, pelatihan dan pendampingan. Selain itu, juga terus dilakukan monitoring kepada koperasi-koperasi yang telah ada serta pemberian bantuan penyertaan modal seperti yang dilakukan di beberapa kecamatan pekan tadi. Metro7/Sri