KANDANGAN — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H Johansyah MAP dalam Musrenbang yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten beberapa waktu lalu, memaparkan semua program kerja yang akan dilaksanakan selama tahun 2013 mendatang.

Dalam pemaparannya itu, Kadisdik mendahuluinya dengan mengangkat visi dan misi, yaitu Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Memiliki Iman dan Takwa Menuju Kabupaten Agropolitan yang Mandiri, Unggul dan Religius.

Selanjutnya, misi yang diangkat adalah meningkatkan Manajemen, Mutu serta Relevansi dan Daya Saing Pendidikan, Mengupayakan pemerataan dan perluasan akses pendidikan serta memberdayakan peran serta masyarakat dan peningkatan pembinaan olahraga dan meningkatkan akuntabilitas pembelajaran dan pengamalan ajaran agama di lingkungan pendidikan.
Berangkat dari visi dan misi itu, disusunlah rencana kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan, pada bidang-bidang yang ada di Dinas Pendidikan. Salah satunya adalah di Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), di mana Disdik menekankan pada Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. Kemudian ditindaklanjuti dengan pembinaan minat bakat dan kreatifitas siswa.
Tidak itu saja, program kerja yang dilaksanakan pada tahun 2013 juga menyangkut pada pembangunan gedung sekolah yang akan dilaksanakan di Kecamatan Daha Utara. Pelaksanaan pembangunan ini juga akan didukung dengan pengadaan mebel sekolah, plus pengadaan perlengkapan sekolah dan rehabilitasi sedang dan berat yang akan dilaksanakan di Kecamatan Kalumpang.
Dalam program tersebut, Disdik juga berupaya merehabilitasi Rumah Dinas Kepala Sekolah dan Guru beserta penjaga sekolah yang ada di desa Tumingki Kecamatan Loksado. Dalam program tahun 2013 tersebut, pihak Disdik akan berupaya menyediakan dana pengembangan sekolah bagi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiah (MI)/Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Pengembangan yang dilakukan juga ditekankan pada pembinaan Kelompok Kerja Guru (KKG) serta pelaksanaan pendidikan lanjutan, bagi pendidik untuk memenuhi standar kualifikasi pendidikan (Dikdas).
Pada program Bidang Bina SMP/SMA dan SMK, Disdik pun membuat program, penambahan ruang kelas sekolah, dan pembangunan laboratorium dan ruang praktikum sekolah, pembangunan taman, lapangan upacara dan fasilitas parkir dan pembangunan ruang ibadah. Metro7/fit