TANJUNG – Sekitar 300 orang peserta Komunitas Club Sepeda Jelajah Kampung di wilayah Kabupaten Tabalong Minggu (11/3? Lalu mengambil start jelaha di Taman Kota Tanjung. Pelepasannya dilakukan oleh Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH.

Peserta bukan saja berasal dari Tabalong sendiri sebagai tuan rumah, namun juga berasal dari Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan serta dari kabupaten tetangga Barito Timur maupun Kabupaten Paser.
Mereka diwajibkan mengikuti rute dari Taman Kota Tanjung melintasi jalan arah ke Kecamatan Murung Pudak, kembali Kecamatan Tanjung kemudian menuju ke wilayah Kecamatan Tanta melewati kawasan hutan maupun perkebunan karet masyarakat. Sejuknyan udara sangat berkesan di hati para peserta, khusunya mereka yang berasal dari luar daerah. Di antara peserta ternyata juga ada yang berasal dari Komunitas Pencinta Sepeda perwakilan Biker Sepeda Gunung Jakarta.
Sampai di jalan Desa Puain Kecamatan Tanta, para peserta harus melintasi jalan persawahan dan perkebunan karet menuju Desa Mangkusip untuk terus menyeberang melalui jembatan titian perkebunan menuju Desa Barimbun.
Di Desa Barimbun tepatnya di Lapangan Sepak Bola, para peserta disambut oleh Ketua Komunitas Sepeda Tanjung (Konstan) Dr H Syarifuddin Baseri SpOG, yang tidak lain adalah Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD H Badaruddin Tanjung, anak pasangan Alm H Baseri dan Hj Kartasiah.
Grup Komunitas Sepeda juga dihibur dengan karaoke dan hidangan makan bersama. Sejumlah hadiah pun telah disediakan dengan hadiah utama beberapa buah sepeda.
Usai makan bersama, para pe-Biker berkaraoke ria serta joget bersama. Tidak lama kemudian, melintas pesawat kecil di atas lapangan sambil memutar menghamburkan uang lima ribuan yang langsung menjadi rebutan anak-anak maupun orang tua yang hadir menyaksikan.
Di samping itu, Dr Syarifuddin Baseri SpOG bersama Pengurus Konstan juga memberikan bantuan Sembako kepada masyarakat kurang mampu, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.
Dr Syarif berharap, ke depannya nanti, lapangan sepak bola Desa Barimbun ini bisa dijadikan arena bersepeda seperti di daerah lain.
“Dengan bersepeda, kita bisa mewujudkan masyarakat Tabalong yang sehat,” ujarnya. Metro7/via