AMUNTAI — Partai Amanat Nasional (PAN) Hulu Sungai Utara (HSU) telah menyatakan berkoalisi dengan PKB, PBB dan PKPI yang sebelumnya telah berkoalisi untuk mengusung pasangan Hasib Salim dan Maliki Djarkasi pada Pemilukada Juni mendatang.
Sekretaris PAN HSU Ahmad Syarmada kepada Metro7, Rabu (14/3) menyatakan bahwa DPW PAN Kalsel telah merekomendasikan untuk turut berkoalisi dengan PKB, PBB dan PKPI dengan mengusung pasangan Assalam.
“Dari hasil survei yang telah dilakukan, PAN memutuskan dan menyatakan bahwa pilihan jatuh ke pasangan Drs H A Hasib Salim dan Ir H Maliki Djarkasi SH MM,” jelasnya.
Menurut Syarmada, terpilihnya pasangan HasibMaliki merupakan proses panjang. Pihaknya pun siap mengamankan dan melaksanakan segal keputusan DPW PAN dan akan bekerja bersama dengan tim dalam rangka memenangkan pasangan yang akrab dengan slogan Assalam ini.
Bersama tim koalisi Assalam, pihak PAN akan menggelar konfrensi pers untuk mengumumkan secara resmi keputusan tersebut.
Sebelumnya, DPD PAN HSU sudah menyatakan berkoalisi dengan Demokrat untuk mengusung pasangan Drs H Gazali Rahman MSi dan Fahri Ilhami SSos, namun karena DPW lebih mengarah ke Hasib dan Maliki, mau tidak mau DPD PAN pun harus patuh dengan ketentuan DPW.
Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pemenangan Pasangan Assalam Juanidi SSos membenarkan kalau PAN HSU sudah menyatakan akan turut mengusung Assalam pada Pemilukada nanti.
“Memang PAN sudah memberikan pernyataan kalau pihaknya juga turut mengusung Assalam, sambil menunggu surat resmi dari DPW PAN Kalsel,” jelasnya.
Junaidi mengaku pihaknya menyambut gembira pernyataan PAN tersebut, karena dengan demikian kekuatan koalisi akan lebih solid.
PAN yang saat ini memiliki 1 kursi di DPRD HSU ini juga mempunyai massa yang tidak sedikit, terbukti saat pemilihan Ketua DPD PAN HSU pada Musda 3 periode 2010-2015 lalu, sangat banyak simpatisan yang hadir.
 “Saya optimis. Dengan gabungnya PAN ke Assalam ini, kemenangan pun akan semakin terbuka,” ujarnya. Metro7/Ayie