Batu Benawa Pilot Project Polmas
Dari 11 kecamatan  di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kecamatan Batu Benawa terpilih sebagai Pilot Project atau percontohan perpolisian masyarakat. Hal ini berdasarkan pertimbangan dinamisasi kehidupan sosial masyarakat yang didukung tersedianya anggota Bhabinkamtibmas yang memadai untuk memenuhi spesifikasi Satu Desa-Satu Bhabinkamtibmas.
“Ke depannya kita harapkan dapat terpenuhi Satu Desa-Satu Bhabinkamtibmas di seluruh Kab HST,” ujar AKBP Iwan Sonjaya.
Uniknya, anggota Bhabinkamtibmas tersebut tidak dibebani tugas kepolisian yang lain, mereka difokuskan untuk khusus melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban berbasis Polmas.
“Penempatan mereka di desa bertujuan agar dapat bekerjasama yang lebih solid antara Polres yang diwakili anggota Bhabinkamtibmas, dengan seluruh masyarakat desa dalam memecahkan segala permasalahan yang ada di desa dengan bermuara pada terwujudnya keamanan dan ketertiban.
Menurut Iwan, pada tanggal 28 Maret kemarin pihaknya telah mengirimkan kontingen sebanyak 145 orang untuk menghadiri Apel Besar Polmas di Lapangan Murdjani Banjarbaru. Mereka terdiri dari anggota Bhabinkamtibmas, Pembakal, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta anggota Forum komunikasi Perpolisian Masyarakat (FKPM).
“Sasaran utama partisipasi mengikuti Apel Besar agar jajaran Polmas di HST dapat meningkatakan kesiagaan, kewaspadaan dan kesigapan dalam menghadapi dan mengantisipasi segala permasalahan di lapangan,” ujarnya.
Sebagai bentuk perhatian terhadap Polmas, H Harun Nurasid memfasilitasi transportasi untuk memberangkatkan kontingen, termasuk juga bantuan konsumsi dan lain-lain selama keberangkatan dan kembali ke Barabai.
“Idealnya, melalui pembinaan oleh jajaran Polres, maka  masyarakat akan dapat menjadi polisi bagi komunitas mereka sendiri, sehingga keamanan dan ketertiban lebih terjamin,” harap Harun. advhst
Teks Foto:
1.      Sinergi: bersama Bupati HST H Harun Nurasid dan Dandim 1002 Letkol Heri Pribadi, menekankan pentingya Polmas bagi masyarakat
2.      Aksi: Selain memberikan penyuluhan, Muspida HST juga aktif melihat kondisi desa-desa termasuk yang ada dipelosok pegunungan Meratus.
3.      Mitra: Bupati HST H Harun Nurasid, Dandaim 1002 Letkol Heri Pribadi dan, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya, SIK kompak bahu membahu bersama masyarakat adat Dayak Meratus menjaga Kamtibmas.
4.      Pilot Project: dengan didampingi Camat Batu Benawa Drs Mukarram, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya, SIK mencanangkan Kecamatan Batu Benawa sebagai percontohan Polmas di Kab. HST.