PARINGIN — Seluruh proyek pembangunan yang dikelola Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Balangan selama tahun 2011 yang belum selesai akan dilanjutkan kembali dan dipastikan akan rampung tepat waktu pada tahun 2012 ini.
Proyek-proyek yang dikerjakan Bidang Cipta Karya tersebut di antaranya meliputi proyek pembangunan gedung Kantor Inspektorat, KPU, dan tiga buah Wisma yang baru saja selesai namun belum bisa difungsikan, karena fasilitasnya masih dilengkapi.
Berikutnya, proyek pembangunan Kantor Discapilduk, Kantor Pembermaswan dan KB, Ruang Jakem dan Keuangan Dinas PU, Gedung Arsip PPKAD, Gedung Serbaguna Paringin, serta penyelesaian Islamic Centre.
Selain itu, yang juga akan dikerjakan adalah proyek pembangunan sepuluh unit Kantor Desa yang terbesar di 8 kecamatan Kabupaten Balangan, yakni Kecamatan Batu Mandi, Paringin, Paringin Selatan, Lampihong, Awayan, Juai, Halong, dan Tebing Tinggi. Ditambah sarana air bersih yang ada di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Batu Mandi, Awayan, Paringin Selatan dan Halong.
Peningkatan jalan pun terus dilakukan, seperti di lingkungan Kantor Bupati dan pembuatan jalan cor beton di kompleks perkantoran Kecamatan Paringin di Haur Batu.
Anggaran proyek pembangunan akan dikucurkan secara bertahap, karena melihat besarnya dana yang harus dikeluarkan. Sementara untuk perbaikan jalan di Daerah Orin akan segera dilaksanakan tahun 2012 ini, hanya tinggal menunggu waktu pelaksanaannya, karena dana untuk itu sudah tersedia.
Kepala Dinas PU Kabupaten Balangan Edy Harianto menegaskan, pembangunan Islamic Centre akan terus dilaksanakan. Walaupun menurutnya masih banyak kekurangan, namun nantinya dan akan dilengkapi fasilitasnya sesuai rencana akan rampung awal 2013 mendatang. Metro7/Sri