Peserta lomba bakat

BARABAI — Beragam kreatifitas anak didik di sekolah-sekolah dapat ditampilkan dan dipertunjukkan, baik di bidang seni maupun olahraga. Salah satunya dengan cara mengembangkan seni budaya daerah tentunya, seperti membawakan tarian adat Banjar maupun lainnya.
Dalam rangka menyalurkan minat dan bakat anak didik dan kreatifitas di bidang seni dan olahraga itu, para dewan guru se kabupaten HST menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMP/sederajat di Aula SMPN 2 Barabai, Selasa (10/4/2012) lalu.
Ketua Panitia Pelaksana, Ana Hartati dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah lomba yang akan diikuti oleh para siswa dan siswi sebanyak 11 cabang, yaitu Lomba Seni Tari, Seni Baca Al-Qur’an, Seni Vokal Grup, Nyanyi Solo, Cipta Cerpen, Cipta Puisi, Seni Lukis, Motif Batik, Story Telleng, Cipta Lagu dan Seni Kriya.
“FLS2N dan O2SN ini berlangsung selama dua hari, yang diikuti sebanyak 111 orang perwakilan siswa-siswi SMP sederajat se Kabupaten HST. Di mana bagi pemenang akan diikutsertakan ke lomba di tingkat provinsi, kecuali Lomba Seni Kriya yang hanya digelar untuk tingkat Kabupaten, terangnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST Agung Pranowo juga menilai kegiatan FLS2N dan O2SN ini sangat positif, di mana para anak didik akan mampu mengembangkan kreatifitas serta minat dan bakatnya.
“Anak-anak yang memiliki kemampuan dalam berkreasi janganlah kita larang, namun harus didukung penuh,ungkapnya.
Lebih lanjut, Agung menegaskan kepada para guru dan orang tua agar sekiranya mendukung dan memotivasi anak-anak mereka untuk terus mengembangkan kreatifitasnya.
“Saya berharap, generasi muda di Kabupaten HST mampu bersaing dengan generasi-generasi muda yang ada di daerah lain, sehingga mampu membawa nama harum Bumi Murakata kita tercinta,harapnya.
Kegiatan FLS2N dan O2SN yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST Agung Pranowo ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid, para Kepala Sekolah, para Dewan Guru dan seluruh peserta lomba serta siswa-siswi lainnya. advhst