Polisi Sahabat Anak
PARINGIN — Satuan Polres Balangan mengadakan pelatihan Polisi Sahabat Anak (PSA) dengan sasaran para pelajar TK Yayasan Al-Izzah yang dilaksanakan pada hari Jumat (13/4/2012)  di halaman Polres Balangan.
Sedikitnya 80 orang murid terdiri dari putra dan putri dilibatkan dalam kegiatan kali ini. Dengan didampingi oleh para guru masing-masing, mereka dengan tekun mengikuti pelatihan tersebut yang dilaksanakan dua minggu sekali secara bergantian.
Kasat Lantas Polres Balangan AKP Dana Setyana mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengenalkan lingkungan Kepoloisian kepada anak-anak secara dini, agar mereka nantinya tidak merasa takut terhadap aparat, di samping mendidik anak-anak untuk mengetahui dasar-dasar disiplin lalu lintas. Di antaranya cara-cara menyeberang di jalur penyeberangan, mengenal rambu-rambu dan tanda lampu lalu lintas, maupun cara memarkir kendaraan yang benar.
Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan anak-anak bisa menerapkan disiplin, baik untuk dirinya pribadi maupun masyarakat umum.
Pelatihan PSA ini sekaligus menjadi ajang pembinaan kedisiplinan, terutama ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan maupun Undang-Undang, sebagai bekal bagi masing-masing. Sehingga nantinya para anggota PSA paling tidak ke depannya diharapkan dapat melakukan pengaturan arus lalu lintas di depan sekolahnya sendiri dalam rangka mengatasi kemacetan arus lalu lintas dan mengingatkan kepada orang tuanya tentang adanya rambu rambu lalu lintas, walaupun selama beberapa waktu masih harus didampingi Satuan Lantas Polres Balangan, ujar Kasat Lantas. Metro7/Sri