Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial HST Abu Yazid Bustami melaporkan kepada Bupati HST Harun Nurasid di kediaman dinas Bupati Rabu (2/5/2012) lalu didampingi para Pendamping PKH seluruh kecamatan se HST, bahwa Kabupaten HST berhasil meraih predikat Terbaik Program Keluarga Harapan (PKH).
Menurut Abu Yazid, HST meraih program terbaik tingkat nasional PKH untuk kategori Ketepatan Waktu Final Closing dan Ketepatan Data. Hal ini diraih berkat kerja keras pendamping yang melaksanakan tugas pendampingan, yaitu mulai dari pertemuan awal dengan anggota PKH dan selanjutnya memotivasi mereka untuk melaksanakan komitmen, seterusnya memantau dan mengingatkan apabila ada yang tidak melaksanakan komitmen.
Pendamping juga melaksanakan verifikasi data tiap bulan terkait data anggota PKH, verifikasi fasilitas kesehatan dan pendidikan yang gunanya adalah untuk menentukan berapa besaran yang diterima anggota PKH tiap triwulan.
Selanjutnya data tersebut akan diolah dan dientri oleh operator PKH ke UPPKH Pusat, yang mana HST berusaha selalu tepat waktu dan tepat data yang akhirnya setelah 4 tahun berjalan, maka penghargaan ini pun berhasil diraih.
Sejak tahun 2008 HST menerima PKH, dana tersebut secara triwulan diterima oleh anggota PKH di Kantor Pos kecamatan yang menyalurkan dana tersebut dari Kementerian Sosial RI melalui Wesel Pos dan yang diterima oleh anggota PKH jumlahnya bervariasi tergantung skenario bantuan per RTSM per tahun.
Sedangkan tujuan utama PKH adalah membantu mengurangi kemiskinan, dalam jangka pendek mengurangi beban pengeluaran RTSM dan untuk jangka panjang mensyaratkan keluarga penerima menyekolahkan anak, mengimunisasi Balita, memeriksa kandungan ibu hamil, dan perbaikan gizi yang selanjutnya untuk memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.
Sementara itu, Bupati HST H Harun Nurasid menyambut baik dan bangga atas keberhasilan yang diraih oleh UPPKH Kabupaten HST. IA berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.
“Jangan lupa kerjasama serta melaksanakan dengan penuh semangat agar kategori lainnya dapat diperoleh dan kemiskinan di HST dengan adanya program PKH ini semakin berkurang,” ujarnya.
Bupati Harun juga menambahkan bahwa Program Keluarga Harapan adalah program yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada rumah tangga sangat miskin, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, yaitu sektor pendidikan dan kesehatan. advhst