Selain berupaya merealisasikan program nasional Green and Clean, Pemerintah Kabupaten Balangan telah merencanakan adanya paru-paru kota, yaitu sebuah kawasan hutan yang berlokasi di lingkungan kota itu sendiri. Kawasan tersebut satu satunya berada di Desa Gunung pandau Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.
Sesuai data Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Balangan, pada kawasan hutan kota tersebut, terdapat berbagai macam jenis tumbuhan pohon, di antaranya ulin dan cendana. Kawasan hutan tersebut semula merupakan milik oleh warga masyarakat yang kemudian dibeli oleh Pemerintah Daerah .
Bupati Balangan Sefek Effendie mengatakan, gerakan penanaman pohon serta adanya kawasan hutan kota menjadi satu langkah dalam melestarikan alam dan hutan.
Selain memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi yang menimbulkan pemanasan global bahkan program tersebut dinilai mampu menanggulangi banjir dan longsor, serta bahaya kebakaran dan kekeringan.
Di sisi lain, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Balangan AKhmad Effendi menyebutkan, upaya pelestarian hutan dan penanaman pohon akan menjadi program efektif yang dapat direalisasikan di wilayah Balangan .
“Tahun ini telah tertanam sekitar 300 batang bibit yang didominasi tanaman karet, trembesi, akasia, sengon, gaharu dan bibit buah-buahan,” jelasnya. Metro7/Sri