Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri di Kabupaten Balangan dinilai dapat membantu mengatasi masalah kemiskinan masyarakat di daerah itu.
Wakil Bupati Balangan Drs H Ansharudin MSi mengatakan, Program PNPM Mandiri merupakan program investasi dengan memberdayakan ekonomi kerakyatan melalui sistem pembangunan partisipatif itu lebih berkesan, tidak seperti program bantuan untuk konsumtif.
Melalui program tersebut kata dia, masyarakat diminta ikut berperan aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan hingga pengawasan kegiatan pembangunan serta tidak hanya menunggu atau meminta bantuan.
“Peran serta partisipasif itu nantinya dapat membentuk karakter masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, untuk menjadi lebih baik,” ujarnya.
PNPM Mandiri mempunyai prinsif mengajak masyarakat untuk bersatu padu mendukung dan terlibat secara aktif dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan.

Kepada para pengelola PNPM Mandiri di wilayah tugasnya masing masing diharapkan agar mendapatkan bantuan tersebut sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah setempat. Metro7/Sri