AMUNTAI — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memprioritaskan pelaksanaan e-KTP untuk 3 (tiga) kecamatan yang terpadat jumlah penduduknya.
Sekretaris Penyelenggara e-KTP Kab. HSU, Ir  Nazaruddin, mengatakan, pihaknya akan mengutamakan pelaksanaan e-KTP di tiga kecamatan yang jumlah penduduknya terpadat di antara 10 kecamatan yang ada di HSU.
“Tiga kecamatan yang terpadat penduduknya tersebut adalah Kecamatan Amuntai Tengah, Kecamatan Amuntai Selatan dan kecamatan Sungai Pandan,” ujarnya.
Menurut Nazaruddin, dengan diprioritaskan tiga kecamatan yang penduduknya lebih banyak itu, pihaknya berharap penyelesaian pembuatan e-KTP untuk seluruh warga HSU akan dapat selesai dalam waktu yang bersamaan.
“Molornya pelaksanaan e-KTP ini dikarenakan keterbatasan perangkat untuk e-KTP ini sendiri yang belum komplit,” imbuh Nazar.
Sebenarnya perangkat e-KTP sudah ada beberapa unit yang datang, namun ternyata masih ada beberapa komponen yang belum lengkap, sehingga mesin tersebut tidak bisa dioperasikan.
Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. HSU, MNoor Khairil membenarkan 3 desa yang menjadi prioritas pembuatan e-KTP itu.
“Untuk sementara kami akan mengutamakan pelaksanaan e-KTP di tiga kecamatan yang jumlah penduduknya lebih padat. Perangkat e-KTP baru tiga unit yang siap, jadi kita akan lebih mengutamakan kecamatan yang jumlah penduduknya lebih banyak,” jelasnya.
Namun menurutnya tidak menutup kemungkinan pelaksanaan e-KTP akan dilakukan dalam waktu yang bersamaan.
Sampai sekarang, Disdukcapil masih menunggu penyediaan alat itu sendiri, seandainya nanti yang datang lebih dari tiga unit atau mungkin yang datang 10 unit, maka pihaknya akan dapat melakukan pengoperasian e-KTP dalam waktu yang bersamaan.
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat e-KTP dapat dioperasikan dengan maksimal,” harapnya.Metro7/Ayie