AMUNTAI — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar razia kartu identitas diri terhadap warga. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil HSU, Drs M Noor Khairil, saat ditemui Metro7 di ruang kerjanya, Kamis (24/5/2012) menyatakan bahwa tujuan dari operasi atau razia ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesadaran warga dalam memiliki KTP.
“Tujuan dari razia ini adalah untuk mensosialisasikan wajib KTP kepada warga yang sudah genap berumur 17 tahun dan juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesadaran masyarakat  dalam memiliki KTP,” jelasnya.
Karena menurutnya, KTP adalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh penduduk yang berusia minimal 17 tahun atau sudah kawin.
Khairil menyatakan bahwa kesadaran masyarakat dengan pentingnya KTP cukup tinggi, hal itu bisa dilihat dari hasil razia di mana hampir seluruh masyarakat yang terjaring, sudah memiliki KTP.
Hanya beberapa yag tidak memiliki, itu pun alasannya mereka sudah bikin di kantor kecamatan, namun masih dalam proses.
Dari hasil razia juga didapati masyarakat yang masih memiliki KTP manual, mereka yang memiliki KTP manual adalah warga yang berusia 60 tahun ke atas.
“Dalam satu pekan, kami telah melakukan beberapa kali razia, termasuk di wilayah Pemerintah Kabupaten,” ujar Khairil.
Ia berharap dengan razia ini, tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki KTP, karena merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki warga. Dengannya, kalau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, identitas yang bersangkutan akan lebih cepat dikenali.
“KTP adalah dokumen penting yang harus dimiliki setiap warga, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, warga akan dapat mengenali kita dari identitas yang ada,” jelasnya
Menurut Khairil, seandainya saat penerapan KTP sudah berlaku, maka warga yang tidak memiliki KTP akan dikenakan denda sebesar Rp50 ribu. Namun lanjutnya, karena sifatnya masih sosialisasi, maka warga hanya disarankan untuk membuat sesegeranya dan tidak dikenakan sanksi. Metro7/Ayie