AMUNTAI — Memperingati HUT HSU yang ke-60, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mempersembahkan Serba 60 di hari jadi HSU yang ke-60.
Menurut Kepala Disporbudpar Kabupaten HSU, Drs H Syahrul Rakhmadi MSi, angka 60 tersebut dipersembahkan untuk memperingati HUT HSU yang ke-60.
“Kami mempersembahkan beberapa acara pada HUT HSU dengan jumlah angka di dalam acara tersebut ada kaitannya dengan HUT HSU yang ke-60,” jelasnya.
Di antaranya adalah group paduan suara yang jumlah anggotanya sebanyak 60 orang, selain itu jumlah hadiah yang dipersembahkan untuk acara panjat pinang ada 60 macam hadiah.
Pohon pinang yang dipanjat pun ada 6 buah pohon pinang yang di panjat oleh 6 orang peserta panjat pinang.
Selain itu, juga ada tim tari yang menuurt syahrul sebenarnya juga berjumlah 60 orang, namun karena personelnya kurang, maka hal tersebut tidak dapat diwujudkan.
Persembahan angka 60 tersebut memang sengaja diatur jauh-jauh hari, semua untuk menyesuaikan dengan HUT HSU yang ke60.
Hari Jadi HSU yang ke60 turut dimeriahkan dengan pertunjukan Kuntaw dari club pencak silat HSU yang sudah beberapa kali memenangkan kejuaran Pencak Silat di Provinsi, bahkan di tingkat Nasional.
Tidak ketinggalan Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga unjuk kebolehan.
Mereka menampilkan beberapa keahlian dalam menanggulangi dan menolong para korban bencana.
Salah satunya adalah meluncur dari ketinggian dengan menggunakan tali. Keterampilan ini berguna untuk menolong korban kebakaran yang berada di ketinggian.
Puncak peringatan hari bersejarah bagi kabupaten HSU yang diselenggarakan pada Selasa, tanggal 15 mei 2012 ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan beserta Hj Rosdiawati Rudy Resnawan.
Turut hadir dalam acara tersebut, mantan Wakil Bupati HSU Drs HM Welny beserta isteri dan beberapa pejabat provinsi Kalimantan Selatan yang mendampingi Wagub. Metro7/Ayie