AMUNTAI Polres Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar simulasi pengamanan Pemilukada untuk antisipasi keamanan Pemilukada HSU 25 Juni mendatang. Kapolres HSU AKBP Rudy Haryanto Sik, Kamis (31/5/2012) mengungkapkan, simulasi ini digelar dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terburuk dalam Pemilukada 25 Juni mendatang.
“Simulasi ini guna melatih kesigapan anggota Polres HSU dalam menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi,” ujarnya.
Walaupun tidak mengharapkan akan terjadi demo massa, menurut Rudy, pihaknya pihaknya harus siap menghadapi kemungkinan terburuk yang terjadi.
Ia menambahkan, untuk melaksanakan pengamanan Pemilukada HSU nanti, akan dikerahkan 2/3 anggota Polres HSU.
“Kita akan menurunkan 279 anggota ditambah dengan BKO dari Brimob dan Sabhara Polda Kalsel,” tambahnya.
Total Anggota yang akan turun dalam mengamankan Pemilukada HSU adalah sebanyak 550 orang anggota gabungan.
Rudi menandaskan, pihaknya juga akan menurunkan anggotanya untuk mengamankan 568 TPS yang tersebar di seluruh HSU.
“Masing-masing TPS akan ditempatkan 1 orang anggota polisi ditambah dua orang anggota Linmas,” jelasnya.
Senada dengan atasannya, Kasat Intel Polres HSU, Reinald SKom, yang ditemui Metro7 di ruang kerjanya mengatakan, tujuan digelarnya simulasi pengamanan Pemilukada ini adalah untuk lebih mempersiapkan anggota dalam menghadapi dan mengamankan Pemilukada nanti.
Walaupun kondisi HSU saat ini sangat kondusif, tidak ada salahnya kita mempersiapkan anggota dengan melatih kesiapannya dalam menghadapi segala kemungkinan terburuk,” jelasnya.
Ia berharap Pemilukada HSU dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti yang akan mengganggu jalan pemilihan kepala daerah untuk Amuntai.
“Saya berharap proses emilukada ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir,” tutupnya. Metro7/Ayie