Kegiatan acara perpisahan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2011/2012 sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48 SMAN 1 Tanjung dilaksanakan di halaman sekolah Kamis (24/5/2012) tadi.
Hadir dalam acara itu Kepala SMAN 1 Tanjung Drs Rusdi Yuseran beserta seluruh guru dan staf, seluruh pelajar, Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Tanjung Yongky Saputra dan para undangan yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Drs H Erwan SH, MAP, unsur Muspida, para orang tua murid dan sejumlah undangan lainnya.
Kegiatan dimeriahkan penampilan berbagai kebolehan dan unjuk kreatifitas pelajar SMA 1 Tanjung, seperti tarian, band, teatrikal 3 siswa menampilkan judul “Kami Terlambat Menaburkan Bunga”, karya Pahlawan Seniman Kalimantan Selatan Alm Yustan Ajidin kemudian dilanjutkan dengan penampilan modelling siswa-siswi SMA 1 Tanjung serta penyerahan piala lomba UKS antar SLTA tahun 2012 se Tabalong sebagai Juara III. Penyerahan dilakukan siswa kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung dan pemotongan nasi tumpeng.
SMAN 1 Tanjung merupakan salah satu sekolah yang menggunakan pembelajaran program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Acara diawali sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Drs Rusdi Yuseran, Kepala Dinas Pendidikan DRs H Erwan, SH, MAP dan Ketua Komite Sekolah Yongky Saputra.
Dalam sambutannya, Drs Rusdi Yuseran menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kegiatan perpisahan siswa-siswi dan ulang tahun sekolah itu adalah agar siswa-siswi kelas XII memiliki kesan-kesan yang menyenangkan ketika meninggalkan sekolahnya selain untuk mempererat persahabatan dan persaudaraan antar warga SMAN 1 Tanjung, baik dengan siswa-siswi sendiri maupun para Dewan Guru dan Komite Sekolah. Ia berharap program RSBI lebih ditingkatkan Sumber Daya Manusianya 30% untuk S2, agar siswa-siswi lulusan SMAN 1 Tanjung bisa melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi.
Yongky Saputra dari Komite Sekolah berharap para siswa bisa senantiasa menjaga martabat sekolah SMAN 1 Tanjung di lingkungan masyarakat, dan ia berjanji pihak Komite Sekolah akan senantiasa memberikan dukungan terhadap sekolah dalam upaya memajukan pendidikan.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Drs H Erwan SH MAP mengharapkan agar selalu dapat meningkatkan prestasi siswa dan senada dengan Kepala Sekolah. Ia juga meminta siswa siswi yang berhasil lulus untuk bisa melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi, agar kelak generasi muda mampu menjadi pemimpin Kabupaten Tabalong, bahkan mampu menjadi pemimpin di tingkat Nasional. Metro7/Via