TANJUNG — Desa Puain Kanan Kecamatan Tanta ditetapkan sebagai desa percontohan program P4PKK di Kabupaten Tabalong. Penetapan ini terkait berbagai prestasi yang telah diraih, antara lain Juara II Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2009, Juara Harapan I Lomba Lukigika tingkat Kabupaten Tabalong, Juara Harapan I Tingkat Kabupaten Tabalong 2009, Juara I Lomba Dasa Wisma ber PHBS tingkat Kabupaten Tabalong 2010, Juara I Lomba PUPKK tingkat Propinsi Kalsel tahun 2011,  dan Juara I Lomba UP2K tingkat Kabupaten Tabalong.
Rabu (30/5/2012) lalu, desa ini mendapat penilaian dari pengurus penggerak PKK Provinsi Kalsel dalam Lomba Posyandu Dasa Wisma ber PHBS tingkat Provvinsi Kalsel Tahun 2012. Tahun ini ada 3 kabupaten yang mendapat penilaian, pemenangnya akan mewakili Kalsel dalam Lomba Posyandu Dasa Wisma tingkat Nasional.
Tim penilai yang dipimpin Ketua tim PKK Propinsi Kalsel Ny Mariani langsung melihat dan menilai kondisi Posyandu di Desa Puain Kanan. Beberapa hal yang menjadi objek penilaian, di antaranya seperti pelaksanaan Posyandu Balita, Posyandu Lansia, kegiatan PAUD, pembinaan kelompok BKB, GSI, Bina Baca Al Qur’an Lansia, PHBS, UP2K-PKK, PIK Remaja dan Keluarga, serta kelompok wanita tani.
Kegiatan itu didampingi langsung oleh para pengurus penggerak PKK Kabupaten Tabalong yang dipimpin Ny Laila Abdel Fadillah, para pengurus penggerak PKK Kecamatan Tanta yang diketuai Ny Diah Susana Alfian, para pengurus penggerak PKK desa, para Kades dan aparat desa se Kecamatan Tanta serta pimpinan Dinas instansi terkait.
Acara turut dimeriahkan penampilan Senam Lansia, kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars PKK serta berbagai produk kerajinan karya ibu-ibu PKK maupun anggota binaan, seperti produk gula aren/gula habang, jamu tradisional, berbagai penganan seperti kue lapis, bingka, kripik, mewarnai kegiatan PKK Desa Puain Kanan termasuk pelayanan kesehatan gratis.
Ketua tim penggerak PKK Desa Puain Kanan Kecamatan Tanta Ny Mahdianoor dalam laporannya menjelaskan bahwa Posyandu Desa Puain Kanan yang diberi nama Posyandu Melati mulai terbentuk sejak tanggal 8 Juni 1982 dengan tujuan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat desa, khususnya Balita dan ibu hamil. Dalam pelayanannya juga memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat. Ada beberapa sasaran dalam pelayanan kesehatan, mulai dari pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan, dan pelayanan. Sedangkan objek sasaran pelayanan kesehatan adalah bayi usia 0-12 tahun, ibu hamil, pasangan usia subur, serta wanita usia subur.
Masalah PHBS merupakan salah satu prioritas tim Penggerak PKK Desa Puain Kanan. Letak desa yang berada di bantaran sungai Tabalong, merupakan dilema tersendiri bagi masyarakat yang sebelumnya sebagian besar masih menggunakan air untuk melakukan aktifitas MCK. Namun dengan upaya dan peran PKK yang mengajak hidup ber PHBS dan dengan kesadaran masyarakat sendiri, akhirnya program itu bisa terwujud.
Ketua tim penilai PKK Provinsi Kalsel Ny Mariani dalam sambutannya mengaku kagum atas kemajuan pembangunan di Kecamatan Tanta dibanding 30 tahun lalu saat ia masih bertugas selama 3 tahun sebagai KUPT Puskesmas Tanta. Ia sangat berharap kemajuan sarana dan prasarana yang ada dapat menunjang keberhasilan Lomba Posyandu Dasa Wisma ber PHBS Tingkat Provinsi tahun 2012 nanti.
Pembangunan ke depan menurut Mariani bertujuan agar masyarakat sehat dan mandiri. Tujuan fisik pembangunan kesehatan masyarakat sehat mandiri, di mana desa dan masyarakatnya siap untuk menanggulangi segala hal.
“Kita ingin Kecamatan Tanta mendapat kategori kecamatan percontohan yang sehat,” katanya.
Ada beberapa sasaran pokok objek yang dinilai ialah penilaian terhadap kader-kader Posyandu, PHBS, Rumah tangga dan PHBS-PHBS tempat kerja.
“Kedatangan tim bukan semata-mata untuk menilai saja, akan tetapi juga dalam rangka pembinaan. Jadi kami juga akan memberikan pengarahan terkait upaya memajukan Posyandu, guna menciptakan masyarakat yang sehat dan mandiri,” tutup Mariani. Metro7/Via