Kiev – Mungkin maksudnya untuk bersikap “santai”. Akan tetapi Perdana Menteri Ukraina Mykola Azarov dikecamk lawan politiknya gara-gara bertaruh dengan seorang fans Swedia.
Ceritanya, Azarov bertaruh bir dengan suporter bernama Ola Sjostedt, bahwa Ukraina akan mengalahkan Swedia di pertandingan pertama Grup D Senin lalu.
Maka setelah tim tuan rumah menang dengan skor 2-1, Azarov pun mengundang Sjostedt untuk minum bir sambil bercengkrama di kantor pemerintahan di Kiev.
Ketika foto mereka bersulang beredar ke publik, Azarov langsung mendapat “serangan”. Pimpinan partai oposisi yang bernama Mykola Tomenko mengingatkan kepala pemerintahan berusia 64 tahun itu bahwa minum minuman beralkohol — walaupun kadarnya rendah — dilarang di tempat-tempat resmi negara.
“Adalah memalukan dan tidak bisa diterima jika pemimpin-peminpin negeri ini menyangkal hukum dan aturan-aturan untuk menjaga moralitas, dengan mulai mempublikasi konsumsi minuman kuat di saat jam kerja dan di tempat negara,” ujar Tomenko dikutip Reuters, Jumat (15/6/20120.
Dia mengatakan, Azarov harus membayar denda sebesar 85 hryvnia (US$ 10 dolar) — hukuman standar untuk sebuah pelanggaran administratif — dan meminta polisi Kiev mengambil tindakan yang diperlukan untuk melihat apa yang telah terjadi. dtk