Puskesmas Paringin Kabupaten Balangan berkomitmen untuk selalu memberikan standar pelayanan mutu ISO. Hal itu diterapkan antara lain pada Poliklinik Umum, Poliklinik Gizi, Poliklinik Keluarga Berencana, Polilinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), laboratorium, pelayanan imunisasi, kamar obat, loket kartu dan tata usaha.
Penerapan sistem ISO di Puskesmas Paringin, saat ini sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan cepatnya waktu sistem pelayanan, sehingga ketepatan mutu pelayanan berjalan dengan baik.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin menjelaskan, pihaknya telah menunjuk Puskesmas Paringin sebagai Puskesmas yang menerapkan standar pelayanan ini. Karena Puskesmas Paringin merupakan satu-satunya tempat pelayanan kesehatan yang berada di jantung kota Paringin yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, sehingga mutu pelayanan dapat dirasakan langsung khususnya oleh masyarakat Paringin.
Pengelolaan program standar pelayanan ini, akan dikelola oleh Tim Koordinasi Managemen ISO yang melibatkan Lintas Program dan Lintas Sektor Dinas Kesehatan serta Tim Pelaksana yang terdiri dari seluruh staf Puskesmas Paringin.
Penerapan standar pelayanan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengunjung Puskesmas dan mempermudah pelayanan kesehatan. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan akan merasa nyaman dengan pelayanan kesehatan yang bermutu, sehingga kesehatan masyarakat dapat terjamin.
Musdalipah, salah seorang warga yang menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Paringin mengatakan, pelayanan di Puskesmas sudah lumayan baik.
Cepatnya sistem pelayanan di loket membuat kami tidak lama menunggu berlama-lama, tidak seperti dulu harus mengantri lama, ucapnya.
Kesehatan yang merupakan hal terpenting, membutuhkan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu, karena masyarakat mempunyai hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara prima. Metro7/Sri