PARINGIN — Polres Balangan berhasil mengamankan ribuan liter  BBM di kawasan Paringin, Selasa (19/6) pukul 14.00 wita. Giat yang langsung dipimpin oleh Kapolres tersebut menyasar lokasi yang kerap dijadikan lokasi oleh para pelangsir untuk menyedot minyak dari tangki kendaraan ke jerigen.
Saat itu petugas berhasil mengamankan tak kurang dari 50 jerigen berukuran besar berisi BBM berbagai jenis.
Tak hanya itu, petugas juga berhasil menjaring empat unit kendaraan Thunder DA 4914 DH, DA 1010 UE, DA 4595 SA dan 4168 EZ, yang diduga digunakan untuk melangsir, karena ditinggalkan pemiliknya.
Selain itu, polisi juga meringkus tiga orang yang saat itu berada di sekitar TKP, yaitu Syamsudin Noor, Ahmad dan Syahrani. Ketiganya mengaku turut melangsir dengan dan antri memindahnya ke jerigen.
“Baru dapat sekitar 35 literan saja, kami menjualnya lagi ke pengecer dengan harga Rp5.500 per liternya,” aku Ahmad diamini kedua rekannya yang masing-masing mengaku memiliki satu jerigen saja.
Ditambahkan mereka, saat itu banyak pelangsir lain selain mereka. “Tadi di lokasi ini banyak orangnya, tidak hanya kami saja,” ujarnya.
Diutarakannya, pemilik kendaraan yang diamankan semuanya kabur. “Kami tidak tahu itu kendaraan milik siapa, orangnya lari saat penyergapan,” ujar mereka.
Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP M Yudha S melalui Kasubag Humas Polres Balangan AKP Binsar Marpaung menuturkan, penyergapan tersebut sebagai bentuk pengawasan terhadap maraknya aksi pelangsiran di Bumi Sanggam.
Diutarakannya, para pelangsir banyak yang lari tunggang langgang saat dilakukan penyergapan tersebut.
Kendaraan yang kita amankan saja belum ada yang mengakuinya, mereka lari saat disergap,” ujarnya. Metro7/Sri