BINTANG ARA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong belum lama tadi menggelar pengobatan gratis bagi komunitas adat terpencil di Desa Dambung, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong.
Kegiatan tersebut berbarengan dengan pemberian bantuan 100 buah buku dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Drs H Erwan SH MAP, pembagian buku masing-masing 50 buku pelajaran diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar (SD) dan 50 buku untuk siswa SLTP di Desa Dambung.
“Bantuan buku bagi siswa SD dan SLTP di Desa Dambung bertujuan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar di daerah terpencil,” ujarnya.
Pengobatan gratis dan pembagian buku Kegiatan pembagian buku tersebut juga dilaksanakan satu paket dengan kunjungan komisi 1 DPRD Tabalong ke Desa Dambung bersama sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Anggota komisi 1 DPRD Tabalong, Kusmadi Uwis mengatakan, kunjungan ke Desa Dambung untuk memantau perkembangan program komunitas adat terpencil yang dilaksanakan dinas kesejahteraan sosial.
“Ada beberapa hal yang akan kita lihat dalam program komunitas adat terpencil di Desa Dambung, diantaranya pendidikan, kesehatan, pelayanan KTP serta tapal batas,” jelas Uwis.
Mengingat Desa Dambung berbatasan dengan Barito Timur, Kalimantan Tengah yang hingga saat ini belum ada kesepakatan terkait tapal batas. Metro7/LQ