Guru juga turut berperan dalam menjaga kondisi daerah tetap kondusif dan agamis, serta tidak dirusak oleh persoalan penyalahgunaan Narkoba yang makin marak dengan senantiasa mengingatkan bahaya Narkoba dan menjalin kebersamaan dan komunikasi yang efektif  dengan pihak terkait untuk pencegahan dan penegakan hukumnya.
Begitu pun, semua pihak termasuk para guru dapat senantiasa memberikan masukan positif dalam pembangunan yang sedang dilaksanakan di Kabupaten HST,  masukan tersebut sangat berarti, baik disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten HST atau pun DPRD setempat agar pembangunan terawasi dan makin berkualitas.
Hal itu diungkapkan Bupati HST H Harun Nurasid di sela-sela penyerahan bantuan dana honorarium Non PNS Rp2.405.250.000,- bagi Guru TK Al Qur’an, Pondok Pesantren, MDA, TK/RA dan PAUD untuk triwulan kedua bertempat di Gedung Juang Barabai, Rabu(4/7) Pukul 09.00 WITA.
Dalam kesempatan itu, Harun juga mengungkapkan apresiasi dan penghargaannya terhadap para guru Non PNS yang selama ini telah tulus bekerja untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meletakkan pondasi moral dan akhlak bagi anak didik.
Bupati mengaku ikut berbangga, Kabupaten HST memiliki jumlah guru mencapai tujuh ribuan lebih,  baik dari Guru PNS maupun Non PNS, serta memaparkan bahwa bantuan honorarium untuk guru Non PNS berasal pembiayaan dari APBD HST.
“Banyak Daerah yang bisa unggul, mandiri dan sejahtera dengan membangun Potensi Sumber Daya Manusia walaupun terbatas sumber daya alamnya, begitupun daerah kita diharapkan dengan pendidikan yang terus digalakkan mampu mencetak kader penerus bangsa dan pembangunan yang handal,” katanya.
Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan HST Dia Udini, penyerahan bantuan ini dibayarkan untuk triwulan kedua untuk bulan April hingga Juni 2012 dengan besaran bantuan Rp250.000,- per bulan.
Penerima bantuan antara lain TK Al Qur’an sebanyak 323 unit dengan jumlah guru 1.800 orang, Ponpes 27 Unit dengan jumlah guru 390 orang, MDA sebanyak 78 unit dengan jumlah guru 361 orang, TK/RA sebanyak 192 unit dengan jumlah guru 425 orang, PAUD sebanyak 57 unit dengan jumlah guru 231 orang, atau dengan jumlah keseluruhan guru penerima bantuan 3.207 orang.
Peserta yang menerima penyerahan secara simbolis bantuan honorarium Non PNS berjumlah 250 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelompok penerima.
Turut berhadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD HST H Gusti Rosyadi Ilmi, Kepala Kantor Ketahanan Pangan HST Zainal Abidin, Kepala BPP HST Hj Fatmawati, Kepala Kantor PP, PA dan KB HST Nurul Fauzi, para pimpinan SKPD lainnya, apra Camat, tokoh masyarakat, ulama dan undangan lainnya. advhst