Sebanyak 38 orang anak Balita perwakilan dari sedikitnya 19 Puskesmas yang ada di Kabupaten HST mengikuti Lomba Balita Indonesia (LBI) tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten HST. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Murakata Barabai, Selasa (3/7/2012) lalu.
Hal itu diungkapkan Kasi Kesehatan Anak Remaja dan Usila yang juga Panitia lomba, Hj Mardiah Hayati Am kepada Metro7 belum lama tadi.
“Peserta lomba Balita ini terdiri dari perwakilan 19 puskesmas di HST dengan kelompok umur 6-24 bulan dan 2-5 tahun, yang totalnya sebanyak 38 anak,” ujarnya.
Dijelaskannya juga bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi para orang tua Balita dalam mempersiapkan anak-anak mereka untuk menjadi manusia yang berkualitas dalam upaya bersama mencetak generasi bangsa yang sehat dan cerdas, maju dan mandiri.
 Penilaian dilakukan antara lain melalui wawancara dengan orang tua, pemeriksaan identitas anak, pemeriksaan kesehatan, pertumbuhan dan psikologi Balita.
“Kriteria penilaian meliputi status anak, status imunisasi, pemeriksaan terhadap gigi anak, pertumbuhan dan perkembangan serta psikologi anak, tinggi dan berat badan anak, penilaian terhadap ibu, baik pendidikan, pekerjaan, umur dan alat kontrasepsi yang digunakan ditambah penilaian terhadap ayah,” imbuh Hj Mardiah.
Ia berharap, dengan dilaksanakannya lomba ini, para orang tua dan anak dapat lebih semangat dan termotivasi dalam berperilaku hidup sehat, sehingga menjadi manusia yang berkualitas.
“Orang tua, kader, pendidik, dan masyarakat lainnya perlu memantau tumbuh kembang setiap anak. Mereka juga perlu mengetahui sekaligus mengenali ciri-ciri serta prinsip tumbuh kembang  dengan baik. Selain itu para anak mendapat perhatian serius yaitu mendapat gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan berkualitas, termasuk deteksi dini tumbuh kembang anak,” ujarnya lagi.
Adapun pemenang Lomba Balita Sehat Indonesia tahun 2012 untuk golongan umur  6-24 bulan adalah M Rifky A dari Puskesmas Durian Gantang disusul M Angga Saputra dari Puskesmas Kasarangan sebagai Juara II dan M Fikri Haikal dari Puskesmas Pandawan sebagai Juara III. Sedangkan untuk golongan umur 2-5 tahun Juara I atas nama Nova Hijria  dari puskesmas Durian Gantang, M Akmal dari Puskesmas Kambat Utara sebagai Juara II dan Annida Ul Husna dari Puskesmas Kubur Jawa sebagai Juara III.
Turut berhadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HST Drg H Kusudiarto MAP, perwakilan dari TP PKK HST, para tim penilai di antaranya Dr Made Agung S, Drg Bambang Joelistio, Hj Masitah, Antung Nursidah dan Khairunnisa, serta seluruh peserta lomba Balita beserta walinya. advhst