TANJUNG — Dukungan PT Adaro dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Tabalong tak perlu diragukan lagi. Berbagai fasilitas sekolah maupun bantuan biaya pendidikan telah banyak digelontorkan perusahaan besar ini.
Seperti SMAN 1 Tanjung yang pada tahun 2012 ini kembali mendapat bantuan melalui program CSR untuk membangun 5 lokal ruang bangunan beton permanen yang diperuntukkan 4 ruang untuk warung sekolah dan 1 ruang lagi untuk rumah penjaga sekolah.
Sebelumnya, PT Adaro juga pernah memberikan bantuan beberapa unit komputer dan membangun 10 buah WC. Tahun ini juga PT Adaro memberikan dukungan terhadap mini project dalam rangka pemanfaatan limbah-limbah plastik sebagai bahan baku produksi yang bisa digunakan, termasuk pengelolaan produksi berbagai jenis makanan.
Kepala SMAN 1 Tanjung
Drs Rusdi Yuseran
Di samping itu, PT Adaro turut mensupport pelaksanaan pameran produksi karya siswa SMAN 1 Tanjung berupa alat penangkap ikan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Drs H Erwan SH MAP.
Hal itu dijelaskan Kepala SMAN 1 Tanjung Drs Rusdi Yuseran kepada Metro7 baru-baru tadi, ia menambahkan dukungan PT Adaro terhadap mini project ini merupakan kalender pendidikan di sekolah.
Sebagaimana diketahui, SMAN 1 Tanjung telah melaksanakan pendidikan bertaraf internasional. Sudah cukup banyak prestasi yang diraih siswanya dan bahkan dari tahun 2009 ada 3 siswa yang berhasil meraih beasiswa dari Gubernur Kalsel, tahun 2010 2 orang, tahun 2011 3 orang masing-masing sebesar Rp50 juta. Di samping itu, Pemkab Tabalong juga memberikan apresiasi terhadap siswa yang nilainya tertinggi khususnya untuk jurusan IPA 3 orang, IPS 3 orang masing-masing sebesar Rp700 ribu rupiah, di samping pihak sekolah sendiri yang juga memberikan hadiah sebesar Rp500 ribu guna memacu prestasi belajar.
“Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan ini. Terlebih dengan dibangunnya warung permanen dan ruang penjaga sekolah yang nilainya mungkin mencapai Rp300 juta,” ujar Rusdi.
SMAN 1 Tanjung lanjutnya, sejak tahun 2009 juga telah memiliki koperasi dan sampai sekarang dari hasil koperasi yang dikelola, sudah memiliki 1 unit mobil yang digunakan untuk keperluan operasional, khususnya angkutan barang. Metro7/Via