Menghadapi tibanya bulan suci Ramadhan, jajaran Polres HST kembali menggelar “Operasi Patuh Intan”, Rabu (4/7/2012) lalu bertempat di halaman Polres HST.
Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya di sela-sela acara tersebut menjelaskan bahwa Gelar Pasukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana maupun aparat yang terlibat dalam operasi Patuh selain sebagai sarana untuk menyampaikan secara langsung arah kebijakan dan hal-hal yang perlu diperhatikan seluruh peserta Gelar Pasukan, sehingga dapat diperolah kesamaan persepsi serta cara bertindak bagi personil yang terlibat operasi.
Dalam menghadapi permasalahan bidang lalu lintas tersebut ujarnya, dibutuhkan peran serta seluruh stake holder untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta koordinasi bersama instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam pembinaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang saat ini juga masih dirasakan kurang optimal.
Hal itu berdampak terhadap belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan, regulasi angkutan umum serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan atau pun ketentuan perundang–undang lalu lintas,” ujarnya.
Menurut Kapolres, operasi Patuh Intan bertujuan untuk menciptakan situasi Kamseltibcar Lantas menjelang bulan puasa serta meminimalisir kejadian laka lantas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas, terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor serta demi terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan terbentuknya opini positif.
Operasi Patuh Intan ini dilaksanakan serentak selama 14 hari mulai tanggal 4-17 Juli 2012, guna menciptakan situasi lalu lintas yang kondusif.
Kegiatan itu turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan H Hadrianysah, jajaran TNI, Dinas Perhubungan dan instansi lainnya. advhst