Seperti diketahui, peredaran Narkoba di kalangan remaja di Kabupaten Balangan terbilang sangat meresahkan, karena faktanya sekarang ini telah banyak ditemukan anak-anak muda yang mengkonsumsi Narkoba.
Setelah sebelumnya BNNK Balangan secara dadakan telah mendatangi sejumlah sekolah dan menggelar aksi tes urin. Sekarang hal serupa juga dilakukan terhadap kalangan PNS di Bumi Sanggam.
Mengetahui hal tersebut, sebagian PNS sempat tampak khawatir. Terlebih saat melihat tim BNNK datang ke kantor mereka.
Kepala BNNK Balangan, Suhaili, menjelaskan bahwa tes urin ini dilakukan di beberapa SKPD yang ada di Kabupaten Balangan itu dan akan diteruskan lagi bagi kalangan swasta.
Menurut Kasi Pembermas Arief rahman, dari beberapa SKPD yang mendapat giliran tes urin, hanya 600  pegawai saja yang diambil sampel urinnya untuk dideteksi. Hasilnya, ternyata ada 3 orang pegawai yang dinyatakan positif menggunakan Narkoba.
Kepala BNNK Balangan Suhaili kembali mengungkapkan dugaannya bahwa kemungkinan peredaran narkoba di Balangan sebagai akibat banyaknya pendatang luar yang heterogen di samping pergaulan bebas.
“Di wilayah ini (Balangan, red) sudah campur aduk pengguna Narkobanya, sehingga penanganannya perlu kerjasama semua pihak,” ujarnya.
Pengambilan sampel kali ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peredaran narkoba di Kabupaten Balangan khususnya di kalangan PNS.
“Tes ini sifatnya lebih kepada pembinaan saja, jadi kalau ada yang kedapatan positif akan dibina dengan menyampaikan hasil tesnya kepada masing-masing SKPD,” imbuh Arief.
Pengambilan sampel ini dilakukan pihak BNNK bekerjasama dengan SKPD yang turut melibatkan aparat kepolisian setempat, Dinas Kesehatan, Kodim dan Kejaksaan Negeri Paringin.
Kami berharap kegiatan yang dilakukan BNNK Balangan ini bisa maksimal dibantu semua pihak yang akan kembali dilanjutkan dengan program kedua pada tahun 2013 mendatang, tutup Arief Rakhman. Metro7/Sri