Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Kerajinan barang bekas di Gedung PKK Kabupaten HST, Kamis (12/7/2012) pekan lalu.
Ketua Panitia Pelaksana, Hj Rasmiah dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kader PKK untuk bisa memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar untuk di olah menjadi barang yang berguna.
“Kegiatan ini terlaksana sesuai hasil  Rakernas IV PKK tahun 2010 terkait dengan visi dan misi PKK, yaitu Terwujudnya Keluarga yang Beriman dan Bertaqwa, Sehat Sejahtera, Maju, Mandiri, dan Kesadaran Hukum dan Lingkungan.
Melalui kegiatan ini Hj Rasmiah berharap kader PKK yang mempunyai jiwa seni dan keterampilan bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar yang jumlah dan macamnya cukup banyak, seperti bekas botol minuman, bekas bungkus makanan, sabun, minyak dan lainnya untuk dijadikan karya seni yang baik dan bernilai ekonomis untuk menambah penghasilan keluarga. Selain itu meningkatkan pengetahuan, kemampuan keterampilan kader PKK untuk belajar dan memperbaiki kondisi lingkungan agar bermanfaat bagi hidup.
Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten HST Hj Tintainah Harun Nurasid dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh ketua Pokja III Hariyani Zainuddin menyampaikan bahwa  lomba teknologi tepat guna kerajinan dari barang bekas merupakan salah satu  bentuk  realisasi program kerja TP PKK yang di ikuti oleh semua TP PKK di Kab. HST.
Lebih jauh ia berharap dengan mengikuti lomba ini, kader-kader PKK mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk belajar dan memperbaiki kondisi lingkungan agar bermanfaat bagi kehidupan manusia.
“Diharapkan para kader mempunyai  jiwa seni keterampilan bisa dimanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar,” kata Hariyani
Lomba menurutnya merupakan program prioritas yang dilaksanakan setiap tahun. Untuk itu diharapkan TP PKK kecamatan selalu mencari dan menggali keterampilan-keterampilan baru dari barang bekas, sehingga setiap tahunnya diharapkan ada bentuk-bentuk dan kreasi baru.
Pemenang I Lomba TTG tahun ini adalah PKK Kecamatan Limpasu yang menampilkan Bonsai Hias dari sedotan plastik, Juara II PKK Kecamatan Hantakan dengan hasil karyanya Lampion dari bungkus makanan, dan Juara III PKK Kecamatan Pandawan dengan kreasi bunga dari kantong kresek. advhst