TANJUNG — Melalui fasilitas mobil katarak berstandar internasional, pasien yang berada di wilayah-wilayah terpencil dapat dijangkau dan dibantu agar penglihatannya kembali normal melalui operasi yang dilakukan di dalam mobil tersebut.
Cara itulah yang ditempuh PT Adaro Indonesia dalam penanggulangan buta katarak yang sudah dilakukan sejak tahun 2003 silam secara gratis yang bertujuan untuk mengurangi jumlah penderita katarak di wilayah operasional.
“Melalui penyuluhan dan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) dan pemerintah daerah, program ini telah membantu menurunkan angka penderita buta katarak secara cukup signifikan,” ujar Media and Public Affair Superintendent PT Adaro Indonesia, M Ismail, Senin (2/7/2012).
Hingga saat ini, program katarak telah membantu mengembalikan penglihatan dan meningkatkan taraf hidup lebih dari 4.000 pasien katarak di sekitar wilayah operasional yang mencakup enam kabupaten di dua provinsi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Metro7/usy