Pengurus Partai Nasdem Kab Bartim
TAMIANG LAYANG – Baru sekitar 6 bulan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) melebarkan sayapnya di Kabupaten Bartim, berdasarkan KTA yang ada partai baru ini mengklaim telah mendapat dukungan sedikitnya 6 ribu warga.
Kepastian jumlah itu disampaikan oleh Wakil Ketua Internal Partai Nasdem Kabupaten Bartim, Riwento Ingul ketika ditemui di kantornya Jl A Yani Tembok Baru belum lama ini.
“Selama 6 bulan berjalan Partai Nasdem di Kabupaten Barito Timur ini, kami sudah membentuk ranting di 104 desa dan 10 DPC Kecamatan, yang seluruh personelnya ada 6 ribu orang sudah terdaftar dan mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA),” ujarnya.
Menurut Riwen, sejak 6 bulan lalu, Partai Nasdem telah menunjukkan kiprahnya di masyarakat. Salah satunya adalah peningkatan SDM anggota, agar bisa mandiri. Pihaknya pun telah pula membentuk Garda Pemuda dan Garda Wanita untuk diberdayakan membantu kepartaian dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.
Disebutkannya, Partai Nasdem telah bertekad, setelah dipercaya masyarakat, telah memprogramkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan, tidak boleh lagi ada masyarakat yang terlantar dan miskin, dalam artian miskin ilmu, miskin pekerjaan dan miskin SDM.
“Kalau janji kami tidak terbukti, maka masyarakat silahkan menuntut,” tantangnya.
Program Nasdem untuk masyarakat antara lain, pencetakan kolam ikan serta pemberian bibit padi dan jagung yang semuanya  dikoordinir oleh Garda Pemuda dan Garda Wanita, agar masyarakat bisa mandiri dan sejahtera.   
Riwento juga menegaskan, tujuan Partai Nasdem adalah bagaimana supaya bisa menyalurkan aspirasi masyarakat dengan tepat dan benar serta memberikan kritik dan saran maupun mengawasi perkembangan pembangunan yang ada di Kabupaten Bartim.
“Jadi, ke depannya jika didukung masyarakat, maka kita akan menyuarakan aspirasi mereka dan memberikan perubahan yang berarti kepada masyarakat Bartim,” jelas Riwen.
Senada, Wakil Ketua DPD Partai Nasdem Bartim, Sarmindi LB menambahkan, gabungan pemuda dari partai Nasdem mempunyai program khusus untuk membentuk pasukan Baret Garda Nasdem lengkap dengan pakaian khususnya. Sifatnya untuk pengamanan segala kegiatan partai.          
Pengurus Partai Nasdem Bartim menyadari untuk sementara ini pihaknya belum bisa ikut di kancah politik, belum ikut di Legislatif, tetapi perlu diketahui ujar Riwen, baru 6 bulan masuk di Kabupaten Barito Timur, Partai Nasdem sudah mempunyai 6 ribu anggota sesuai dengan KTA yang ada.
“Partai Nasdem siap mengusung siapa pun orangnya dan Partai Nasdem siap untuk dipinang, mengingat Partai Nasdem sudah mengakar di Kabupaten Bartim,” ungkap Sarmindi, pengurus Nasdem lainnya.
Kalau pada tahun 2013 nanti, pihaknya belum bisa bertanding ikut mencalonkan Bupati pada Pilkada, tetapi lanjut Sarmindi, Partai Nasdem siap direkrut. Karena Partai Nasdem mempunyai massa dan ke depannya sudah pula menyiapkan kader-kader Legislatif yang akan membangun Kabupaten Bartim lebih maju dan sejahtera sesuai Visi dan Misi Partai untuk perubahan. Metro7Ali