Pemerintah Kabupaten Balangan memprioritaskan pengembangan potensi batik Sasirangan motif Balangan, agar lebih populer dan menjadi dagangan khas andalan setempat.
  Sejak tahun 2012, Balangan telah memiliki ragam batik Sasirangan yang berbeda dengan daerah lain di Kalimantan Selatan, sehingga sangat berpotensi untuk dikembangkan secara profesional.
  Adapun keberadaan batik Sasirangan khas Balangan  itu diketahui dari hasil kegiatan identifikasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang telah dilaksanakan pada tahun 2011 lalu.
  Identifikasi dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai data awal untuk melakukan pengembangan dan pembinaan tehadap pelaku UKM.
  Perajin batik Sasirangan Balangan teridentifikasi ada di Kecamatan Lampihong. Pada saat dilakukan identifikasi, jumlahnya masih sangat sedikit, baik dari segi hasil produk maupun perajinnya.
  Selain itu, teknik pembuatannya pun masih sangat tradisional, sehingga hasil produk masih sederhana dan tidak akan dapat bersaing dengan Sasirangan produksi daerah lain.
  Sasirangan merupakan kain batik khas dari Kalsel yang dibuat dengan sistem celup, di mana dulunya hanya dipakai oleh kaum bangsawan dari Kerajaan Banjar, tapi sekarang sudah banyak dipakai secara umum oleh warga Banjar, khususnya warga Balangan dan sekitarnya.
  Saat ini, batik Sasirangan sudah banyak diproduksi dan diperjualbelikan, pusat kerajinan kain batik Sasirangan yang semula berada di Kabupaten Banjar, sekarang sudah diperluas sampai ke Kabupaten Balangan sekarang ini.
  Dari  identifikasi itu pula, dibuat penggolongan jenis-jenis potensi ekonomi yang ini dapat dikembangkan. Penggolongan ini dipandang penting untuk memudahkan upaya pembinaan dan pengembangan yang akan dilakukan .
  Langkah awal yang dilakukan untuk mengembangkan potensi batik Sasirangan khas Balangan adalah dengan mengenalkannya kepada masyakat luas, para perajin diberikan dorongan dan perubahan pola pikir, agar tidak memandang pembuatan batik Sasirangan hanya sebagai pengisi waktu luang, tetapi memiliki potensi ekonomi yang besar, sehingga akan dilakukan penguatan modal usaha dan mencari kemitraan dengan swasta di samping peluang pemasaran. Metro7/Sri